Upaya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pajak

PutriRistiana (2010) Upaya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pajak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan sumber pembiayaan Negara yang dominan baik untuk belanja rutin maupun untuk Pembangunan Nasional. Suatu Negara dikatakan berhasil apabila dapat melaksanakan pembangunan dengan baik di segala bidang. Demi untuk tercapainya pembangunan di Indonesia, maka harus ditunjang dengan penerimaan sumber pembiayaan terutama dari sektor pajak. Mengingat betapa pentingnya pajak, maka pemerintah harus bekerja keras untuk meningkatkan penerimaan pajak. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Pajak Melakukan modernisasi perpajakan pada akhir tahun 2007. Dengan diadakannya modernisasi perpajakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan ini maka akan dapat diketahui seberapa besar pengaruhnya dalam upaya peningkatakan kesadaran masyarakat terhadap pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tinkat kesadaran masyarakat Kota Malang terhadap pajak, Upayaupaya yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pajak, dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya-upaya peningkatakan kesadaran tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, dokumentasi, dan selanjutnya dianalisis teknik analisis kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa modernisasi perpajakan yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan meliputi sosialisasi perpajakan, pengetatan sanksi pajak, perbaikan sistem administrasi dan pelayanan perpajakan, serta membangun citra yang baik tentang pajak. Hasil dari modernisasi perpajakan ini telah berhasil meningkatkan kesadaran Wajib Pajak, terbukti dengan meningkatnya realisasi penerimaan pajak tahun 2008 dan meningkatnya pendaftaran NPWP tahun 2008. Adapun faktor-faktor yan berpengaruh dalam upaya peningkatan kesadaran Wajib Pajak tersebut, diantaranya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pajak karena rendahnya tingkat pendidikan, kurangnya dukungan dari masyarakat, minimnya jumlah tenaga operasional dari Kantor Pajak yang jumlahnya tidak seimbang dengan jumlah Wajib Pajak yang dilayani, dan lain sebagainya. Meskipun masih ada factor yang menghambat pelaksanaan modernisasi perpajakan tersebut, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tingkat kesadaran pajak masyarakat Kota Malang terhadap sudah meningkat seiring dengan dilaksanakannya modernisasi perpajakan pada akhir tahun 2007.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/43/051000360
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2010 13:37
Last Modified: 21 Oct 2021 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114573
[thumbnail of 051000360.pdf]
Preview
Text
051000360.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item