Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kamera EOS 350D (Studi Kasus Pada Mahasiswa Anggota Komunitas Fotografi Di Universitas Muhammadiyah Malang)

ArdhiSusetyo (2010) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kamera EOS 350D (Studi Kasus Pada Mahasiswa Anggota Komunitas Fotografi Di Universitas Muhammadiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi pesat membawa pengaruh yang besar pada dunia fotografi, hal ini ditandai dengan munculnya kamera digital untuk kalangan fotografer amatir. Pada tahun 2003, Canon Inc. meluncurkan sebuah produk kamera digital revolusioner, yang kemudian diperbaiki performanya dengan peluncuran pada tahun 2005. Di Indonesia, kamera Canon EOS 350D ini adalah kamera yang sangat diminati oleh fotografer pemula, selain karena harganya yang murah,berkualitas bagus, dan mampu memenuhi kebutuhan fotografer amatir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap kamera Canon EOS 350D. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori ( explanatory research ) yang didukung oleh data primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Strata-1 di Universitas Muhammadiyah Malang yang menjadi anggota dari komunitas fotografi pada universitas tersebut dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling . Penelitian ini menggunakan konsep atribut produk, yang terdiri dari harga (X1), Fitur (X 2 ), Desain (X 3 ), Pelayanan (X 4 ), dan Ukuran (X 5 ) serta keputusan pembelian kamera Canon EOS 350 D (Y). Analisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan pengujian menggunakan uji f dan uji t untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Dari hasil perhitungan regresi dan korelasi, telah dibuktikan bahwa masingmasing variabel bebas Atribut Produk kamera Canon EOS 350 D antara lain variabel Harga (X 1 ), Fitur (X 2 ), Desain (X 3 ), Pelayanan (X 4 ), dan Ukuran (X 5 ) mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian kamera Canon EOS 350 D (Y). Hal ini ditunjukkan dengan F hitung >F tabel (12.080>2.311) atau Sig F < 5% (0,000<0,05). Dari hasil penelitian menunjukkan signifikansi pengaruh atribut produk yang terdiri dari variabel harga, fitur, desain, pelayanan, dan ukuran terhadap keputusan pembelian, maka sangat penting bagi produsen (Canon Inc.) untuk memperhatikan aspek-aspek atribut produk dalam pembuatan kamera SLR ( Single Lens Reflect atau Refleksi Lensa Tunggal) digital selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/422/051003556
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Jan 2011 14:40
Last Modified: 21 Oct 2021 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114567
[thumbnail of 051003556.pdf]
Preview
Text
051003556.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item