Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Survey pada PT. Asuransi Jiwasraya Persero Malang).

Kusuma, DodyPrima (2010) Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Survey pada PT. Asuransi Jiwasraya Persero Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh karakteristik individu terhadap prestasi kerja karyawan, untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh lingkungan kerja terhadap prestasi kerja karyawan dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh karakteristik individu dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap prestasi kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Asuransi Jiwa Sraya Malang yaitu sebanyak 31 orang, dan jumlah tersebut diambil semua sebagai sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji signifikan F dan t. Disimpulkan bahwa karakteristik individu berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, artinya semakin tinggi karakteristik individu karyawan (adalah bakat, minat, sikap dan kebutuhan) maka akan semakin tinggi pula prestasi kerja karyawan. Lingkungan kerja (lingkungan kerja fisik dan lingkungan non fisik) memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan, hal ini berarti semakin baik lingkungan kerja maka akan semakin baik pula prestasi kerja karyawan. Secara simultan karkateristik individu karyawan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Artinya, tinggi rendahnya prestasi kerja karyawan sangat bergantung pada tinggi rendahnya karakteristik individu dan lingkungan kerja. Besarnya proporsi variasi karakteristik individu karyawan dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja karyawan mencapai 63,0% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutkan dalam penelitian. Implikasi teoritik berdasarkan hasil penelitian ini adalah perlu dilakukannya penelitian untuk mengetahui indikatorindikator tentang karakteristik individu karyawan dan lingkungan kerja fisik yang baik, yang dapat mempengaruhi prestasi kerja karyawan. Selain itu, perlu juga untuk menambah variabel yang lain sehingga hasil penelitian-penelitian yang serupa akan memberikan informasi ilmiah yang lebih lengkap, mendalam dan kepentingan memajukan bidang akademik atau dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Implikasi untuk pihak manajemen pada khususnya dan untuk dunia usaha pada umumnya untuk lebih memperhatikan masalah karakteristik individu karyawan dan lingkungan kerja fisik sehingga prestasi kerja karyawan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/411/051003544
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Jan 2011 10:26
Last Modified: 21 Oct 2021 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114555
[thumbnail of 051003544.pdf]
Preview
Text
051003544.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item