Analisis Human Resources (Personnel) Security Dalam Keamanan Informasi Organisasi : Studi Pada PT Finansia Multi Finance Cabang Malang

SandroRomeoOscarPratama (2010) Analisis Human Resources (Personnel) Security Dalam Keamanan Informasi Organisasi : Studi Pada PT Finansia Multi Finance Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan setiap organisasi bisnis, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan serta organisasi lainnya untuk melindungi keamanan informasi yang mereka miliki dari berbagai ancaman yang diakibatkan oleh lemahnya human resources (personnel) security yang mungkin terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan human resources (personnel) security dalam keamanan informasi organisasi pada PT Finansia Multi Finance cabang Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggambarkan atau melukiskan fenomena empiris yang ada pada lokasi penelitian secara teoritis. Penelitian jenis ini hanya memberikan gambaran tertentu yang berkaitan dengan fakta, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun, mengklarifikasi, menganalisis, dan menginterprestasikan hasil penelitian dengan sistematis, faktual dan akurat mengenai gambaran yang sebenarnya terhadap Human Resources (personnel) Security. Berdasarkan hasil penelitian ternyata PT Finansia Multi Finance cabang Malang telah memiliki pelaksanaan human resources (personnel) security yang cukup baik sehingga mampu melindungi keamanan informasi di dalam perusahan. Walaupun standar yang dipakai oleh PT Finansia Multi Finance cabang Malang masih belum memakai standar internasional keamanan informasi terbaru ISO 27001:2005, serta terdapat beberapa kekurangan dalam teori pelaksanaanya, namun dalam prakteknya setiap poin penerapan human resources (personnel) security telah dilaksanakan dengan baik untuk mewujudkan keamanan informasi dari segi human resources (personnel) security. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah. Informasi dapat dilindungi dengan berbagai cara baik perlindungan dari ancaman faktor manusia dan kesalahan user, ancaman perangkat lunak berbahaya, dan ancaman-ancaman yang lainnya. Namun perlindungan terpenting adalah dari faktor manusia dalam keamanan informasi karena manusia dianggap sebagai rantai terlemah dalam keamanan informasi. Dengan terciptanya faktor manusia yang mengerti akan pentingnya keamanan informasi serta menerapkan manajemen keamanan informasi yang baik dalam organisasi maka akan tercipta pula sebuah menejemen keamanan informasi yang solid didalam PT Finansia Multi Finance cabang Malang. PT Finansia Multi Finance cabang Malang diharapkan bisa dengan segera memperbaiki dan melengkapi segala kekurangan yang ada dalam perusahaan yang berhubungan dengan keamanan informasi terutama hubunganya dengan human resources (personnel) security. Karena celah keamanan informasi akan mengakibatkan resiko ancaman terhadap keamanan informasi, dan resiko ancaman terhadap keamanan informasi akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the needs of every business organizations, educational institutions, government agencies and other organizations to protect the security of their information assets from various threats caused by the weakness of human resources (personnel) security that may occur. The purpose of this study is to determine how the application of human resources (personnel) security in the organization information security at PT Finansia Multi Finance branch Malang. This research is descriptive research that describes or depicts the empirical phenomena that existed at the location of the research. This type of research gives only a certain image associated with the fact, the road to collect data, organize, clarify, analyze, and Interpretate results of research with a systematic, factual and accurate statement of the actual picture of Human Resources (personnel) Security. Based on this research PT Finansia Multi Finance branch Malang already has the implementation of human resources (personnel) security, and is good enough to be able to protect the security of information within the company. Although the standard currently used by PT Finansia Multi Finance branch Malang still not wearing the latest information security international standards ISO 27001:2005, and there are some shortcomings in implementation theory, but in practice any points of the application of human resources (personnel) security has been satisfactory secure to realize information security in terms of human resources (personnel) security. Conclusion of this research is that information can be protected by many ways, but the most important way to protect information is from human side, because humans are considered as the weakest chain of information system security. If the human side of information security is strong that indicate every persons and users in the organization information security system understand their role and responsibility regarding organization information security. With the creation of human factors that understands the importance of information security and implement good information security management within the organization will also create a solid information security in PT Finansia Multi Finance branch Malang. PT Finansia Multi Finance branch Malang is expected to immediately fix any shortcomings that exist in companies related to information security, especially with human resources (personnel) security. Because the shortcomings will lead threats to information security, and threats to information security will result in losses for the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/401/051003337
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2010 10:13
Last Modified: 21 Oct 2021 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114546
[thumbnail of 051003337.pdf]
Preview
Text
051003337.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item