Kerjasama Pemerintah Dengan Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata : studi pada Dinas Pariwisata Kota Batu, Manajemen Batu Night Spectacular, Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Oro-Oro Ombo

RositaPuriRahajeng (2010) Kerjasama Pemerintah Dengan Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata : studi pada Dinas Pariwisata Kota Batu, Manajemen Batu Night Spectacular, Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Oro-Oro Ombo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang “Kerjasama Pemerintah Dengan Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata” dengan permasalahan bagaimana kerjasama yang dikembangkan oleh kedua belah pihak dalam meredusir permasalahan yang ada. Penelitian ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan, Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 47 Tahun 2003 beban retribusi Ijin Gangguan, Teori dan Prisip Kemitraan dari Ambar Teguh Sulistiyani dan E.S. Savas. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Metode ini menggunakan data primer dan sekunder; teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi; instrument yang digunakan yaitu penelitian sendiri, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi; metode analisa meliputi reduksi data, penyajian data, dan diakhiri penarikan kesimpulan. Dalam kerjasama pengembangan pariwisata Batu Night Spectacular (BNS) dibutuhkan kerjasama yang baik serta kompetensi-kompetensi yang mendukung untuk menentukan strategi dan mengantarkan masyarakat agar mampu memikirkan, mencari, dan menentukan solusi terbaik dalam pembangunan pariwisata. Melihat hasil penelitian yang dilakukan pada instansi dan pihak terkait maka langkah yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan kerjasama antara lain: kerjasama harus terfokus, terpadu, berkesinambungan, menggunakan pendekatan teknik-teknik dalam pengembangan pariwisata, serta meningkatkan koordinasi potensial. Sehingga dari hasil penelitian maka peneliti memberikan beberapa alternative yang dapat digunakan untuk menunjang pelaksanaan kerjasama yaitu sebagai berikut: meningkatkan koordinasi horizontal, vertikal, dan diagonal baik intern, sektoral, maupun lintas sektoral dalam pengembangan pariwisata; mengembangkan SDM secara kompeten dan professional; mempromosikan serta meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan pariwisata BNS agar bisa menarik dan memberi kenyamanan bagi wisatawan; melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan peran masing-masing. Oleh karena proses kerjasama tersebut mengacu pada konsep Build-Operate-Transfer (BOT).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/39/051000358
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2010 11:23
Last Modified: 21 Oct 2021 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114534
[thumbnail of 051000358.pdf]
Preview
Text
051000358.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item