Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Pegawai Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang)

YudhaSetiawan (2010) Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Pegawai Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya budaya organisasi yang kuat dan sehat dalam meningkatkan kepuasan kerja. Budaya organisasi yang kuat dan sehat mencerminkan kepribadian dan mampu mengkomunikasikan pada pegawai tentang tujuan organisasi dan identitas bersama yang pada akhirnya akan menjadi acuan baku bagi pimpinan dan pegawai. Hal tersebut akan mendukung visi dan misi yang telah ada dalam Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang untuk menuju ke arah peningkatan pelayanan publik di bidang perijinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel integrasi, perilaku kepemimpinan, stabilitas, orientasi detail dan orientasi hasil baik secara simultan ataupun secara parsial terhadap variabel kepuasan kerja. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan dilakukan dengan metode survai. Sampel yang diambil sebanyak 54 responden yang merupakan pegawai Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan program SPSS 15.0 for Windows . Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat dibuktikan bahwa kelima variabel bebas mampu memberikan kontribusi sebesar 76,7% terhadap variabel terikat, dan sisanya sebesar 23,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara simultan ataupun secara parsial dari variabel integrasi, perilaku kepemimpinan, stabilitas, orientasi detail dan orientasi hasil terhadap kepuasan kerja. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja adalah variabel orientasi hasil yang ditunjukkan melalui nilai Koefisien Beta terbesar yaitu sebesar 0,348. Saran yang diberikan adalah Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang sebaiknya lebih mengembangkan lagi budaya organisasi yang telah dimiliki baik dari segi integrasi, perilaku kepemimpinan, stabilitas, orientasi detail dan orientasi hasil dalam mendukung visi dan misi yang telah ada untuk menuju ke arah peningkatan pelayanan publik di bidang perijinan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel orientasi hasil mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan kerja. Variabel orientasi detail memberikan pengaruh paling kecil terhadap variable kepuasan kerja. Oleh karena itu Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang hendaknya lebih perhatian terhadap faktor orientasi detail dengan peningkatan ketelitian dalam melakukan pekerjaan yang dibebankan sehingga hasil yang diharapkan dapat dicapai dengan optimal, serta pegawai diharapkan selalu tanggap terhadap masalah yang dihadapi organisasi sehingga dapat memberikan masukan yang dapat membantu organisasi agar dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/389/051003325
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Nov 2010 15:02
Last Modified: 21 Oct 2021 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114533
[thumbnail of 051003325.pdf]
Preview
Text
051003325.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item