YudiMakhfudi, (2010) Kinerja Pelayanan Publik ( Studi Kasus Tentang Pelayanan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri ). Skripsi Jurusan Administrasi Publik, Konsentrasi Pemerintahan Daerah (. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam era reformasi sekarang ini isu tentang pemberian pelayanan publik semakin mencuat kepermukaan. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari tingkat peradaban manusia yang semakin maju, dimana pemberian pelayanan yang baik oleh lembaga atau instansi pemberi layanan merupakan kata kunci yang tidak bisa ditawar lagi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang "Kinerja Pelayanan Publik" dengan permasalahan Bagaimana Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kediri dalam memberikan pelayanan akta kelahiran kepada publik dan Apa yang menjadi faktor pendorong dan penghambat dalam melakukan Kinerja pelayanan Akta Kelahiran kepada publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif dengan pendekatan metode kualitatif; sumber data yaitu data primer dan sekunder; tehknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi; instrument yang digunakan yaitu wawancara, catatan lapangan, peneliti sendiri; metode analisa dan interprestasi data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pelayanan Publik , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai Visi, Misi, tujuan dan sasaran yang ingin dicapai selalu menyangkut kegiatan-kegiatan atau tugas-tugas lebih dari satu aparatur pemerintah. Oleh karena itu untuk pencapaian Kinerja pelayanan yang baik maka aspek-aspek yang mempengaruhi kinerja harus baik juga. Dalam hal ini pelaksanaan kinerja harus memenuhi aspek-aspek agar pengukuran kinerja dapat berjalan dengan baik meliputi, input, proses, output, outcome,dan benefit-impact. Hal itu yang menjadi pengukuran kinerja pelayanan publik tentang pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa Kinerja yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kediri semakin hari semakin meningkat yang bisa dilihat dari kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh aparat dinas kepada masyarakat seperti Input, Proses. Output, Outcome dan Benefit-Impact. Faktor tersebut yang mempengaruhi Kinerja Dalam Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan kinerja pelayanan publik tentang pelayanan akta kelahiran dari sisi pendukung faktor SDM yang bisa melakukan kerjasama dan mempunyai inovatif, kreatif dan berpendidikan hal itu yang bisa mendukung dan meningkatkan kinerja aparat dalam pelayanan publik. Dari sisi penghambatnya masih kurang mendukung jumlah dana yang minim serta jumlah pegawai yang kurang serta kurangnya adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya akta kelahiran di dalam kehidupan dan kebutuhan bermasyarakat, hal itu yang menjadi faktor penghambat dalam melakukan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/383/051003319 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Nov 2010 13:15 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 08:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114527 |
Preview |
Text
051003319.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |