Sistem Pembukuan Anggaran Dalam Mewujudkan Akuntabilitas Keuangan Negara : studi tentang pelaksanaan pembukuan anggaran dan laporan keuangan pada Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin

FitriaWulandhani (2010) Sistem Pembukuan Anggaran Dalam Mewujudkan Akuntabilitas Keuangan Negara : studi tentang pelaksanaan pembukuan anggaran dan laporan keuangan pada Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang terjadi dalam Lembaga Negara terhadap pengelolaan keuangan Negara yang dinilai kurang efektif sehingga banyak menyebabkan terjadinya KKN dan Kerugian Negara. Akuntabilitas keuangan Negara sangat dibutuhkan agar dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih serta mewujudkan good governance. Upaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan Negara tersebut adalah dengan melakukan perbaikan dibidang pembukuan agar laporan keuangan mendapat opini yang wajar dari Badan Pemeriksa Keuangan. Bagaimana sistem pembukuan anggaran yang berlangsung di suatu lembaga Negara, apakah sudah dapat mewujudkan akuntabilitas keuangan Negara, faktor apa saja yang mendukung dan faktor kendala dalam pelaksanaan pembukuan di Balai Diklat keagamaan Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Sistem Pembukuan Anggaran yang berlangsung di Balai Diklat keagamaan Banjarmasin menggunakan dua macam sistem pembukuan yaitu sistem single entry yang mencatat transaksi ke dalam Buku Kas Umum, dan menggunakan sistem double entry melalui SAI (Sistem Akuntansi Instansi), dimana kedua sistem ini saling melengkapi satu sama lain. Dalam upaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan Negara, maka instansi ini membuat laporan keuangan berupa laporan realisasi anggaran dan neraca. Kedua laporan ini dihasilkan melalui proses pembukuan. Namun, laporan keuangan yang dihasilkan belum memenuhi standar akuntansi pemerintahan, karena belum dilengkapi dengan catatan atas laporan keuangan. Sehingga belum bias dikatakan akuntabel. Faktor pendukung yang mendukung pelaksanaan sistem pembukuan anggaran adalah adanya Sistem Akuntansi Instansi yang membuat pelaksanaan pembukuan menjadi lebih efektif. Namun, terdapat juga beberapa hal yang menjadi penghambat pelaksanaan pembukuan yaitu Sumber Daya Manusia yang terbatas dalam pemahaman mengenai teknik pembukuan double entry dan kurangnya di selenggarakan pelatihan mengenai pembukuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/38/051000357
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2010 11:12
Last Modified: 21 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114523
[thumbnail of 051000357.pdf]
Preview
Text
051000357.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item