Analisis dan Desain Sistem CRM (Customer Relationship Management) pada Perusahaan Retail.

YohanKumalaSari (2010) Analisis dan Desain Sistem CRM (Customer Relationship Management) pada Perusahaan Retail. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pertumbuhan toko retail di Indonesia sangat tinggi, tidak terkecuali PT. XYZ. Untuk perusahaan harus selalu melakukan inovasi agar dapat bertahan dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi. PT. XYZ saat ini telah memiliki lebih dari 200 toko cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu perusahaan memerlukan sebuah sistem yang dapat membantu mengelola hubungan dengan seluruh pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia. Informasi data pelanggan perlu diolah sedemikian rupa oleh perusahaan agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin khususnya untuk peningkatan kualitas produk dan pelayanan. CRM merupakan sebuah pandangan bisnis dan strategi perusahaan yang berfokus pada indentifikasi dan pengembangan loyalitas pelanggan dengan cara mempererat hubungan baik dengan pelanggan dan calon pelanggan untuk mencapai kesuksesan. Sedangakan sistem CRM adalah sistem informasi yang ditujukan untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola hubungannya dengan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana cara meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan melalui sistem CRM. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penentuan metode ini karena peneliti hanya meneliti gambaran umum sistem perusahaan kemudian menganalisis dan melakukan analisis kebutuhan, Dari hasil analisis tersebut dibuat sebuah desain sistem sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem CRM yang ada pada perusahaan masih perlu dilakukan perbaikan terhadap sistem tersebut. Salah satu masalahnya adalah perusahaan belum dapat memanfaatkan sumber daya yang telah dimiliki oleh perusahaan dengan optimal. Setelah dilakukan analisis sistem dan analisis kebutuhan sistem, peneliti telah membuat sebuah desain sistem sebagai solusi dari permasalahan yang ada pada sistem. Diharapkan perusahaan dapat segera memperbaiki sistem yang ada dengan cara mengimplementasikan desain sistem yang telah dibuat agar dapat lebih optimal dalam mengelola hubungannya dengan pelanggan perusahaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/378/051002975
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Nov 2010 12:11
Last Modified: 21 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114521
[thumbnail of cover,daftar_isi.lampiran.pdf]
Preview
Text
cover,daftar_isi.lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item