Penerapan Konsep Biaya Relevan Dalam Keputusan Diskon Harga Penjualan Pupuk Organik : Studi Kasus Pada CV Kharisma Putra Pertiwi Mojokerto

NidyaRizkawati (2010) Penerapan Konsep Biaya Relevan Dalam Keputusan Diskon Harga Penjualan Pupuk Organik : Studi Kasus Pada CV Kharisma Putra Pertiwi Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyak industri kecil dan menengah yang masih belum berani memberikan diskon untuk pesanan yang diterima, sehingga berakibat hilangnya kesempatan untuk memperoleh tambahan keuntungan. Seperti pada CV Kharisma Putra Pertiwi, kurang beraninya memberikan keputusan diskon disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang perilaku biaya dan konsep biaya relevan sehingga sering menolak pesanan tambahan di bawah harga jual normal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan biaya relevan dalam keputusan diskon harga penjualan pupuk organik dan memberikan informasi tentang batas maksimum diskon yang dapat diberikan. Teknik pengumpulan data disini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan yaitu melakukan pengamatan terhadap proses pelaksanaan produksi pupuk. Wawancara secara langsung dengan pimpinan perusahaan, manejer keuangan, serta kepala bagian produksi. Dan dokumentasi dengan mempelajari dan menggunakan data berupa dokumen–dokumen perusahaan. Konsep biaya relevan dapat memberikan informasi dalam pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak pesanan dengan harga di bawah harga normal (memberikan diskon). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa CV Kharisma Putra Pertiwi masih mampu melayani pesanan tambahan tanpa mempengaruhi jumlah biaya tetapnya, dan tambahan biaya yang akan bertambah yaitu biaya variabel saja karena tingkat kegiatan perusahaan mencapai kapasitas normal berarti belum mencapai kapasitas maksimal. CV Kharisma Putra Pertiwi dapat memberikan diskon pesanan tambahan atas penjualan. Diskon yang diberikan harus lebih kecil dari diskon maksimum yaitu sebesar marjin kontribusi agar perusahaan mendapatkan keuntungan. Sehingga CV Kharisma Putra Pertiwi dapat menerima pesanan tambahan atas penjualan dengan memberikan diskon (harga dibawah harga normal). Berdasarkan kesimpulan penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan penerapan konsep biaya relevan dalam keputusan diskon harga penjualan pupuk organik dapat dilakukan karena CV Kharisma Putra Pertwi masih mempunyai kapasitas menganggur sehingga mampu menerima pesanan tambahan atas penjualan. Biaya yang diperhitungkan dan dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan hanya biaya variabel saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/360/051002868
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2010 13:23
Last Modified: 21 Oct 2021 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114502
[thumbnail of 051002868.pdf]
Preview
Text
051002868.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item