Evaluasi Pelaksanaan Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Usaha Mengantisipasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Kasus pada PT. BRI (Persero) Tbk, Cabang Malang Kawi),

ErniRiantiAryani (2010) Evaluasi Pelaksanaan Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Usaha Mengantisipasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Kasus pada PT. BRI (Persero) Tbk, Cabang Malang Kawi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai lembaga keuangan, bank memegang peranan yang sangat penting dalam hal pengelolaan dana atau pengalokasian dana masyarakat untuk diberikan dalam bentuk kredit. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Malang merupakan salah satu bank yang memberikan pelayanan kredit kepada masyarakat. Salah satu wujud pelayanan yang diberikan adalah pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pemberian kredit kepada calon nasabah dari pihak bank memerlukan suatu sistem dan prosedur perkreditan yang baik. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu mengetahui pelaksanaan prosedur pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) serta untuk mengetahui prosedur pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang mampu meminimalkan terjadinya kredit bermasalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan menggambarkan pelaksanaan prosedur pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Malang Kawi untuk meminimalkan terjadinya kredit bermasalah. Evaluasi terhadap pelaksanaan pemberian KPR menggunakan acuan teori pengendalian manajemen kredit yang menjelaskan unsur-unsur yang harus dipenuhi pada saat permohonan kredit, proses kredit, serta pengawasan kredit. Adapun unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam setiap proses kredit, yaitu personel yang kompeten dan dapat dipercaya, pemisahan tugas yang memadai, kontrol fisik aktiva dan catatan, serta pemeriksaan pekerjaan secara independent . Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pemberian KPR pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Malang telah terlaksana dengan baik, namun masih terdapat kekurangan pada formulir yang digunakan, yaitu tidak adanya formulir registrasi calon debitur. Selain kekurangan, ditemukan kelebihan, yaitu adanya komunikasi yang lancar ada tiap bagian perusahaan dan kemampuan karyawan dalam menjalankan pekerjaan hampir di semua bidang karena adanya pendidikan dan pelatihan yang dilakukan secara intensif oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Malang Kawi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/350/051002858
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2010 15:08
Last Modified: 21 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114491
[thumbnail of 051002858.pdf]
Preview
Text
051002858.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item