Prawira, Aditya Yudha (2018) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pendistribusian Air Yang Tidak Lancar (Air Tidak Mengalir) Oleh Badan Usaha Milik Daerah (Studi Di Pdam Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada Skripsi ini penulis membahas tentang perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pendistribusian air yang tidak lancar (air tidak mengalir) oleh badan usaha milik daerah PDAM Kota Malang. Hal ini dilatarbelakangi oleh seringnya aliran air PDAM yang tidak mengalir di beberapa daerah, di mana masyarakat sebagai pengguna layanan PDAM mengalami kesulitan memperoleh air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah di kota Malang, PDAM mempunyai tugas dan fungsi melayani kebutuhan dasar masyarakat dalam penyediaan air bersih. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pendistribusian air yang tidak lancar (Air Tidak Mengalir) oleh PDAM Kota Malang. (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh PDAM dalam mengatasi masalah pendistribusian Air Tidak Mengalir (ATM) di PDAM Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian hukum empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya di masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian penulis menarik kesimpulan bahwa (1) Perlindungan Hukum bagi Konsumen terhadap Pendistribusian Air Tidak Mengalir (ATM) oleh PDAM Kota Malang masih belum pernah mengadukan masalah air tidak mengalir ke pihak pengadilan, biasaya diselesaikan secara bersama antara pihak PDAM dengan masyarakat. (2) Upaya yang dilakukn oleh PDAM dalam Mengatasi Masalah Pendistribusian Air Tidak Mengalir dan Memberikan Perlindungan Hukum bagi Konsumen Kota Malang adalah menyediakan tangki, mengganti pipa yang rusak dan bocor. Sementara itu pihak PDAM dalam melakukan pendistribusian air adalah dengan menerapkan SOP yang berlaku sesuai dengan peraturan PDAM kota Malang nomor 16 tahun 2016.
English Abstract
In this thesis the author discusses the legal protection for consumers against the distribution of water is not smooth (the water does not flow) by a locally-owned enterprises PDAM Malang. This is motivated by the frequent flow of tap water that does not flow in some areas, where the community as a service user taps have difficulty obtaining clean water to meet daily needs. As one of the regional-owned enterprises in the city of Malang, PDAM has tasks and functions serve the basic needs of the community in the provision of clean water. The purpose of this study is (1) to describe and analyze the forms of legal protection for consumers against the distribution of water is not smooth (Water Not Flowing) by PDAM Malang. (2) To know the efforts made by PDAM in addressing the problem of distribution Flowing Water photo (ATM) at PDAM Malang. The method used in this thesis is empirical legal research methods with sociological juridical approach, which examines the provisions of applicable law and what happens in reality in society. Based on the results of the study authors conclude that (1) the Consumer Protection Law for the Distribution of Water Not Flowing (ATM) by PDAM Malang still has never complained problem of water does not flow into the court, namely those that are resolved jointly between the taps and the community. (2) Efforts dilakukn by PDAM in Troubleshooting Not Flowing Water Distribution and Provide Legal Protection for Consumers Malang is to provide the tank, replace the damaged and leaking pipes. Meanwhile, the distribution of water taps in doing is to implement the SOP applicable in accordance with the regulations PDAM Malang number 16 in 2016.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2018/219/051804274 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Pendistribusian Air, PDAM |
Subjects: | 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 02:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 06:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11447 |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (72kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (174kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (182kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (74kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (44kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (25kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |