LutvaKhoirina (2010) Assosiasi Orientasi Pelanggan terhadap Tingkat Ekuitas Merek dengan Pendekatan Customer-Based Brand Equity : Studi pada Pelanggan pasta gigi Pepsodent di RW.01, RW.02, dan RW.04 Kelurahan Ketawangged. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Lingkungan persaingan bisnis semakin kompetitif, keberhasilan perusahaan untuk mencapai kinerja pasar di atas normal secara berkesinambungan ditentukan oleh sejauh mana perusahaan mampu menciptakan keunggulan bersaing secara berkelanjutan. Keunggulan bersaing yang berkelanjutan tersebut akan terwujud apabila perusahaan mampu memberikan produk dan jasa yang superior kepada pelanggan. Perusahaan yang memiliki budaya orientasi pasar akan mengembangkan nilai dan perilaku yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Day dan Nedungadi (1994) dalam Pelham (1997:56) menemukan bahwa perusahaan yang menggunakan pendekatan market driven , dimana menyeimbangkan antara orientasi pelanggan dan orientasi pesaing berhasil meraih tindakan lebih baik dibandingkan menekankan pada orientasi yang lain. Tindakan-tindakan inilah yang dilakukan oleh pihak pasta gigi Pepsodent guna menciptakan nilai superior bagi pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 86 responden yaitu pelanggan pasta gigi merek Pepsodent di RW.01, RW.02, dan RW.04 Kelurahan Ketawanggede. Metode pengumpulan data menggunakan kuesner. Analisis data yang digunakan adalah analisis Chi Square , Koefisien Contingency , Koefisien Cramer C dengan SPSS 11.0 sebagai software pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat assosiasi yang signifikan antara variabel orientasi pelanggan terhadap tingkat ekuitas merek dengan pendekatan customer-based brand equity yang dapat dilihat dari Chi Square hitung > Chi Square tabel maka H 0 ditolak atau dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 > α = 0,05. Assosiasi tersebut mempunyai tingkat keeratan assosiasi sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orientasi pelanggan mempunyai assosiasi yang signifikan terhadap tingkat ekuitas merek dengan pendekatan customer-based brand equity . Walaupun assosiasi antara orientasi pelanggan terhadap tingkat ekuitas merek tergolong sedang, tetapi aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pihak pasta gigi Pepsodent mendorong terbentuknya ekuitas merek pada pelanggan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/329/051002838 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Nov 2010 14:23 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114468 |
Preview |
Text
1-COVER_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4-ABSTRAKSI-1_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5-KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6-DAFTAR_ISI_.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7-DAFTAR_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN-4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8-Bab_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
9-Bab_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
10-Bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11-Bab_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
12-Bab_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13-DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |