Pelayanan Administrasi Pemerintah Desa Sidorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.

FendyHarmawan (2010) Pelayanan Administrasi Pemerintah Desa Sidorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu fungsi utama penyelenggaraan pemerintahan, yang menjadi kewajiban aparatur pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat atau pelayanan publik. Hal ini pemerintah dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam berbagai bidang. Pada saat ini pemerintah banyak mendapat sorotan publik terutama dalam hal pelayanan. Masyarakat Indonesia semakin kritis dan menginginkan pelayanan yang maksimal dari pemerintah. Mereka menuntut pelayanan yang efektif dalam berbagai hal..Sudah menjadi kenyataan, bahwa masyarakat mengalami hambatanhambatan, hambatan tersebut meliputi tidak transparannya prosedur dan biaya seperti persyaratan yang sedikit memberatkan masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan. Dari permasalahan tersebut perlu adanya upaya peningkatan profesionalisme pegawai dalam memberikan pelayanan. Sebagai rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelayanan administrasi pemerintah desa sidorejo dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan selain itu bagaimana bentuk pelayanan yang diberikan pada masyarakat desa sidorejo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengkaji pelayanan administrasi pemerintah desa sidorejo dalam memberikan pelayanan serta mengetahui dan mengkaji bentuk pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mencari dan mengkonsep serta menggambarkan peristiwa-perisriwa yang terjadi di lokasi penelitian. Sebagai fokus penelitian adalah pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dinilai cukup baik. Hal tersebut tercermin dari kemampuan aparat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi masyarakat. Pemerintah desa dalam memberikan pelayanan dilihat dari semua mekanisme pelaksanan kualitas pelayanan yang memenuhi kriteria ditentukan seperti adanya unsur kesederhanaan prosedur pelayanan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, keramahan, pemberi pelayanan dan kenyamanan. Hendaknya pemerintah desa berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan upaya mengarah pada pemberian pelayanan yang lebih profesional, sederhana, transparan, terbuka, tepat waktu, responsif, adaftif yang terpenting adalah bagaimana mensejahterakan warga dan masyarakatnya melalui penyediaan pelayanan publik secara efektif, efisien juga ekonomis dengan caracara yang demokratis. Konsep kebijakan pemberian otonomi luas, nyata dan bertanggungjawab untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/323/051002833
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2010 14:30
Last Modified: 21 Oct 2021 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114462
[thumbnail of Sampul_abstrack_daftar_isi_dll.pdf]
Preview
Text
Sampul_abstrack_daftar_isi_dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item