EkoSeprianto (2010) Analisis Strategi Pemasaran Penerbangan Berkonsep Low Cost Carrier dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan Maskapai Penerbangan di Indonesia (Studi pada Maskapai Penerbangan PT. Garuda Indone. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No 51 tahun 2000 yang mengijinkan siapa saja bisa membuka maskapai penerbangan dengan modal minimal satu pesawat. Dengan adanya regulasi tersebut, persaingan bisnis antar maskapai penerbangan semakin terbuka lebar, sehingga diharapkan maskapai penerbangan Indonesia mempunyai daya saing yang kuat sebelum dibukanya Liberalisasi transportasi udara dunia. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi pemasaran maskapai penerbangan berkonsep LCC di PT. Garuda Indonesia Citilink yang merupakan Strategic Business Unit dari maskapai PT. Garuda Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif Kualitatif metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumensi pada perusahaan PT. Garuda Indonesia Citilink Cabang Balikpapan. Adapun metode yang digunakan yaitu Matrik Internal Factors Analysis Summary (IFAS), Matrik External Factors Analysis Summary (EFAS), Matrik Internal Eksternal (IE), Matrik Strengths Weaknesses Opportunies Treaths (SWOT) dan Matrik Grand Strategi. Hasil penelitian Dari hasil analisis EFAS, dapat diketahui total nilai skor akhir yaitu 3,05 yang artinya perusahaan berada dalam posisi di atas rata-rata dan mampu merespon peluang yang ada dan mampu mengatasi ancaman yang timbul dan dari hasil analisi IFAS, dapat diketahui total skor yaitu 3,05 yang artinya perusahaan berada pada posisi di atas rata-rata dan mampu memaksimalkan kekuatan yang dimiliki perusahaan dan mengatasi kelemahan yang ada. Strategi pemasaran yang lebih sesuai diterapkan untuk meningkatkan daya saing perusahaan pada PT. Garuda Indonesia Citilink adalah strategi SO, yaitu dengan mengoptimalkan kekuatan yang ada untuk memanfaatkan peluang yang ada. Isi dari kuadran satu pada Grand Strategi Saran yang dapat diajukan berdasarkan penelitian ini yaitu Pemerintah selaku Regulator trasportasi udara di Indonesia hendaknya mendukung dari penerapan strategi LCC pada maskapai penerbangan di Indonesia saat ini, salah satu hal yang paling membantu maskapai penerbangan yang menerapkan strategi LCC adalah dengan menyediakan bandar udara khusus LCC untuk maskapai penerbangan yang menerapkan strategi LCC sebagai konsep bisnis dari perusahaannya dan juga mengaturnya dalam payung hukum yang jelas dalam bentuk perundang-undangaan. yang mengijinkan siapa saja bisa membuka maskapai penerbangan dengan modal minimal satu pesawat. Dengan adanya regulasi tersebut, persaingan bisnis antar maskapai penerbangan semakin terbuka lebar, sehingga diharapkan maskapai penerbangan Indonesia mempunyai daya saing yang kuat sebelum dibukanya Liberalisasi transportasi udara dunia. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi pemasaran maskapai penerbangan berkonsep LCC di PT. Garuda Indonesia Citilink yang merupakan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/30/051000349 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Feb 2010 11:57 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114455 |
Preview |
Text
051000349.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |