Kinerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dalam Pelayanan Kesehatan : Studi pada Pelayanan Medis dan Administrasi di Puskesmas Dinoyo Malang.

KunyitKurniaFajri (2010) Kinerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dalam Pelayanan Kesehatan : Studi pada Pelayanan Medis dan Administrasi di Puskesmas Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kinerja Puskesmas Dinoyo Kota Malang dalam memberikan pelayanan kesehatan, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dilapangan. Yang menjadi fokus penelitian adalah (1) Kinerja Puskesmas dalam pelayanan kesehatan, meliputi (a) Kualitas SDM Puskesmas, meliputi Tingkat Pendidikan dan Program Pengembangan SDM, (b) Kondisi Sarana dan Prasarana Puskesmas meliputi Kondisi Fisik, Ketersediaan obat-obatan, Ketersediaan Peralatan medis, Ketersediaan fasilitas penunjang; (c) Pendistribusian tenaga kesehatan meliputi Jumlah tenaga kesehatan, Pelaksanaan program kesehatan, Keterlibatan tenaga kesehatan pada pelaksanaan program kesehatan, Pengawasan dan Penyuluhan kepada masyarakat; (d) Proses pelayanan, meliputi Kemudahan prosedur layanan, Kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanan yang diberikan, Kecepatan proses pelayanan; (2) Tingkat Pelayanan kesehatan di Puskesmas, meliputi Jenis Pelayanan, Prosedur Pelayanan, Pelayanan medis, Penyelesaian administrasi dan Tanggapan pasien terhadap pelayanan. Hasil penelitian yaitu (1) Kinerja Poli Umum Puskesmas Dinoyo Kota Malang dalam pelayanan kesehatan sudah baik, hal ini karena didukung oleh kualitas SDM Puskesmas, kondisi sarana dan prasaraa Puskesmas yang memadai, sistem distribusi tenaga kesehatan yang baik dan proses pelayanan yang baik, (2) Tingkat Pelayanan kesehatan di Poli Umum Puskesmas Dinoyo terdiri dari pelayanan medis dan non medis. Pelayanan penunjang meliputi pelayanan Loket, Kamar obat, Laboratorium, Prosedur penerimaan pasien di Poli Umum Puskesmas Dinoyo sudah tergolong cepat, tepat waktu dan tidak berbelit-belit, Masyarakat yang meminta pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo merasa puas atas pelayanan kesehatan yang telah diperolehnya. Masyarakat pemegang kartu Jamkesmas yang berobat merasa tidak ada pembedaan pelayanan dengan pasien umum sehingga tidak ada rasa malu atau minder dari pasien dan Tanggapan pasien atau masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Poli umum Puskesmas Dinoyo rata-rata baik, hampir semua indikator yang meliputi persepsi besaran biaya dan waktu, transparansi pelayanan, sikap petugas, pemenuhan standar pelayanan, konteks pelayanan, keterjangkauan fasilitas, keluhan pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/295/051002343
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2010 12:08
Last Modified: 21 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114453
[thumbnail of 051002343.pdf]
Preview
Text
051002343.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item