Analisis Sistem Dan Prosedur Penjualan Tunai Dan Penerimaan Kas : Studi Kasus Pada Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia “PKP-RI” Kota Malang.

RaniWidyanti (2010) Analisis Sistem Dan Prosedur Penjualan Tunai Dan Penerimaan Kas : Studi Kasus Pada Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia “PKP-RI” Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu Perusahaan yang didirikan oleh setiap orang atau sekelompok orang pada hakekatnya selalu mempunyai tujuan, begitu pula koperasi. Secara umum tujuan koperasi adalah mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama, berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Koperasi di dalam menjalankan aktivitasnya memiliki dua misi utama, yaitu pelayanan terhadap anggota dan meningkatkan pertumbuhan badan koperasi itu sendiri. Berkaitan dengan dua misi koperasi, koperasi melakukan berbagai transaksi untuk mewujudkan kedua misi tersebut. Salah satunya adalah transaksi penjualan barang dan jasa. Aktivitas penjualan ini memberikan kontribusi pendapatan yang sangat besar dan mempengaruhi kelangsungan hidup koperasi. Penjualan yang dilakukan oleh koperasi sebagian besar dilakukan secara tunai. Penjualan secara tunai inilah yang secara langsung dapat menimbulkan penerimaan kas. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang seragam dan akurat yang secara otomatis menyediakan pengecekan dan pengendalian atas penggunaan dan penyalahgunaan aktiva. Adanya sistem memberi suatu nilai tambah bagi koperasi karena sebuah sistem akan memberikan informasi yang tepat waktu dan dapat dipercaya untuk mengambil keputusan. Akan tetapi, suatu sistem akan menjadi lemah apabila tidak dijalankan dengan benar sehingga dapat menghambat kinerja koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem dan prosedur penjualan tunai dan penerimaan kas pada Pusat Koperasi Pegawai Negeri "PKP-RI" Kota Malang, untuk mengetahui masalah-masalah yang mungkin timbul berkaitan dengan sistem dan prosedur penjualan tunai dan penerimaan kas pada Pusat Koperasi Pegawai Negeri "PKP-RI" Kota Malang dan untuk memberikan usulan perbaikan dari masalah yang mungkin timbul berkaitan dengan sistem dan prosedur penjualan tunai dan penerimaan kas pada Pusat Koperasi Pegawai Negeri "PKP-RI" Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berkaitan dengan sistem dan prosedur penjualan tunai dan penerimaan kas, struktur organisasi, formulir serta catatan – catatan akuntansi yang digunakan oleh Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia "PKP-RI" Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/282/051002330
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2010 12:14
Last Modified: 21 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114448
[thumbnail of 051002330.pdf]
Preview
Text
051002330.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item