Analisis Penetapan Struktur Modal untuk Meningkatkan Nilai Perusahaan : studi kasus Pada PT. Metrodata Electronics (Persero) Tbk Dan Anak Perusahaan

LindaEkaYanti (2010) Analisis Penetapan Struktur Modal untuk Meningkatkan Nilai Perusahaan : studi kasus Pada PT. Metrodata Electronics (Persero) Tbk Dan Anak Perusahaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ekonomi dalam era globalisasi menuntut setiap perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang. Untuk mengetahui perkembangan suatu perusahaan dapat dilihat dari nilai perusahaannya. Nilai perusahaan dapat ditentukan oleh struktur modal. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa struktur modal merupakan pembiayaan keuangan yang berasal dari komposisi hutang jangka panjang dan modal sendiri. Setiap perubahan pada struktur modal akan mengakibatkan perubahan pada biaya modal dan nilai perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha untuk menetapkan struktur modal optimal dengan meminimumkan biaya modal sehingga nilai perusahaan akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan perusahaan mempengaruhi penentuan sumber dana panjang perusahaan atau struktur modal selama tiga tahun (2006-2008) dan mengetahui apakah struktur modal yang telah ditetapkan selama tiga tahun tersebut telah optimal sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis studi kasus pada PT. Metrodata Electronics (Persero) dan Anak Perusahaan. Analisis yang dilakukan meliputi analisis rasio profitabilitas, rasio leverage, analisis struktur modal, analisis biaya modal, analisis nilai perusahaan untuk mengetahui struktur modal yang optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal optimal pada PT. Metrodata Electronics (Persero) Tbk Dan Anak Perusahaan terjadi pada tahun 2006. Hal ini dibuktikan dengan minimumnya biaya modal perusahaan yaitu sebesar 9,61%, sedangkan pada dua tahun berikutnya biaya modal perusahaan meningkat yaitu sebesar 12,42% pada tahun 2007 dan 10,22% pada tahun 2008. Peningkatan biaya modal pada tahun 2007 disebabkan oleh kebijakan perusahaan yang lebih memilih menggunakan modal sendiri dalam pemenuhan kebutuhan dananya sehingga komposisi antara hutang jangka panjang dan modal sendiri tidak seimbang. struktur modal pada tahun 2008 merupakan yang terbaik karena mampu meningkatkan nilai perusahaan dari tahun sebelumnya. Walaupun struktur modal tersebut belum optimal karena biaya modal rata-rata tertimbang yang ditanggung oleh perusahaan bukan yang terkecil tapi karena diikuti peningkatan EBIT yang cukup signifikan perusahaan dapat mencapai nilai perusahaan tertinggi dibanding dua tahun sebelumnya yaitu sebesar 1.546.727.510.000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/22/051000341
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2010 14:21
Last Modified: 21 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114440
[thumbnail of 051000341.pdf]
Preview
Text
051000341.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item