RachmaKarisonaCitanti (2010) Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Penjualan (Studi Kasus pada Perusahaan Brem Sari Gading Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Adanya suatu kenyataan bahwa semakin berkembang dan majunya dunia usaha di Indonesia menyebabkan konsumen lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan keinginannya. Perusahaan dituntut untuk senantiasa aktif dalam memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan perusahaan untuk dapat bertahan dalam menghadapi persaingan-persaingan yang ada antara usaha-usaha yang satu dengan yang lain. Pengembangan produk merupakan salah satu strategi produk yang dapat digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai penjualan produk yang dihasilkan perusahaan sehingga akan mampu memperpanjang siklus hidup produk-produk yang telah dihasilkan tersebut serta meningkatkan nilai penjualan secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan pengembangan produk dan pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan produk perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan aktivitas perusahaan yang akan dijadikan latar belakang untuk menetapkan kebijaksanaan di masa yang akan datang, terutama terhadap hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan produk. Teknik analisis yang digunakan adalah beda rata-rata, korelasi product moment yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana keeratan hubungan antara 2 variabel X dan Y, dan analisis regresi linier sederhana untuk meramalkan penjualan di tahun yang akan datang serta untuk melihat pengaruh antara variable X dan Y. Berdasarkan analisis beda rata-rata yang dilakukan oleh Perusahaan Brem Sari Gading Madiun terlihat bahwa beda rata-rata penjualan sebelum dan setelah pelaksanaan pengembangan produk adalah sebesar 7.980 pack setiap tahunnya. Dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh (KP) = 0,81. Hal ini berarti besarnya peran atau pengaruh pengembangan produk baru terhadap naiknya hasil penjualan adalah sebesar 81% dan sisanya 19% dipengaruhi oleh faktor lain. Adanya pelaksanaan pengembangan produk Perusahaan Brem Sari Gading Madiun dapat meningkatkan daya saing terhadap perusahaan-perusahaan lain yang menjadi pesaingnya. Sedanggkan hasil dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan produk dapat meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 2.513 pack per tahunnya untuk mengembangkan 1 macam produk baru. Dengan demikian keberhasilan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan harus diikuti dengan pengembangpan produk yang lebih inovatif lagi, sehingga konsumen tidak merasa jenuh karena konsumen dapat memilih berbagai macam variasi produk brem dengan rasa yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/15/051000332 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 24 Feb 2010 14:33 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114433 |
Preview |
Text
051000334.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |