Peranan Pemimpin Dalam Membentuk Budaya Organisasi (Studi pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Malang

NikkoHapsoroPutro (2010) Peranan Pemimpin Dalam Membentuk Budaya Organisasi (Studi pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada masa pembangunan seperti saat ini kesadaran tentang keharusan memperluas peranan sumber daya manusia, dari sumber daya manusia yang ada dalam organisasi pemimpin memegang peranan penting, karena memiliki motor serta kemempuan mempengaruhi serta menggerakkan manusia serta faktor-faktor produksi yang lain agar dapat mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien. Di mana kemampuan dan kecakapan pemipin merupakan tulang punggung organisasi. Sejalan dengan pengertian mengenai perilaku organisasi yang harus direflesikan oleh perilaku individu-individu yang ada di dalamnya maka budaya organisasi berfungsi sebagai penjamin kelangsungan hidup organisasi apabila dilaksanakan dengan ikhlas dan sepenuh hati oleh segenap anggotanya. Sebaliknya akan menjadi rapuh dan lemah kalau anggota organisasi tersebut melaksanakannya karena merasa takut, tertekan dan terpaksa. Oleh sebab itu penting bagi pemimpin organisasi untuk menciptakan dan menumbuhkan budaya organisasi. Dari uraian diatas tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pemimpin dalam membentuk budaya organisasi dalam mencapai tujuan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Malang . metode yang digunakan adalah deskriptif sedangkan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Malang di bagian paket atau logistic sebagai situs penelitiannya. Adapun data utama diperoleh melalui wawancara dengan manager paket sebagai pemimpin juga dengan beberapa pegawai di bagian paket atau logistic Kantor Pos Malang . Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa budaya organisasi lazim tumbuh di setiap organisasi sebagai pedoman bagi anggota-anggotaorganisasi dai dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dimana dalam hal ini peranan pemimpin sangat menentukan dalam membangun budaya organisasi, sedangkan saran yang dapat disampaikan yaitu pemimpin mampu menjadi panutan dan mempunyai hubungan yang dekat dengan pegawainya sehingga mereka dapat bekerja sama membangun budaya organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2010/109/051001090
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2010 10:52
Last Modified: 21 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114428
[thumbnail of 051001090.pdf]
Preview
Text
051001090.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item