BimaAzizMuttaqi (2010) Efektivitas Sistem Pelayanan Drive Thru (Studi Tentang Pelayanan Pajak Kendaraaan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam kehidupan bernegara, pelayanan publik memiliki peranan yang sangat penting. Pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat organisasi publik melakukan perbaikan sistem dan prosedur layanan melalui program-program inovatif yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan masyarakat. Salah satu organisasi publik yang melakukan inovasi dalam pelayanan publik adalah SAMSAT Malang Kota. SAMSAT Malang Kota memiliki beberapa layanan unggulan salah satunya adalah pelayanan pembayaran kendaraan bermotor dengan sistem Drive Thru dimana memungkinkan wajib pajak untuk membayar pajak tanpa harus turun dari kendaraan bermotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui Efektivitas Sistem Pelayanan Drive Thru di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota, mendeskripsikan dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Sistem Pelayanan Drive Thru di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota, mendeskripsikan dan mengetahui upaya SAMSAT Bersama Malang Kota dalam mensosialisasikan sistem pelayanan Drive Thru. Dalam penelitian ini akan digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Perolehan data dilakukan melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota, Analisis data didasarkan pada Model Interaktif Miles and Huberman, data disusun secara sistematis yang akan dilakukan interpretasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem pelayanan Drive Thru SAMSAT Malang Kota bisa dikatakan berjalan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya kriteria-kriteria efektifitas pada pelayanan pembayaran pajak bersistem Drive Thru . Penggunaan teknologi informasi menjadi faktor yang sangat mendukung berjalannya pelayanan Drive Thru . Di lain pihak ada beberapa hambatan dalam pelayanan ini diantarnya yaitu Drive Thru tidak bisa melayani kendaraan yang sudah jatuh tempo, kebanyakan wajib pajak yang tidak bisa membayar di Drive Thru tidak memiliki persyaratan yang cukup , pelayanan sistem Drive Thru masih terbatas pada pelayanan kendaraan roda empat, seringnya jendela kasir Drive Thru tertutup sehingga wajib pajak mengira tidak membuka layanan. Disamping itu berbagai upaya dilakukan SAMSAT Malang Kota untuk mensosialisasikan sistem pelayanan Drive Thru , hal ini diharapkan agar banyak wajib pajak yang mengetahui pembayaran pajak dengan sistem Drive Thru dan dapat memanfaatkannya dengan baik. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar sistem pelayanan Drive Thru lebih meningkatkan lagi kualitas teknologi informasi dalam memberikan layanan, untuk petugas loket sebaiknya terus membuka jendelanya dan standby pada jam layanan sehingga wajib pajak tidak mengira bahwa layanan Drive Thru tersebut tutup. Sebaiknya ada penetapan dalam pencapaian target, sehingga ada standart untuk mengukur sejauh mana produktivitas dari sistem pelayanan tersebut bisa tercapai dengan baik. Selain itu hendaknya dibuka layanan pembayaran Drive Thru untuk roda dua, dimana kendaraan roda dua memiliki jumlah terbesar di Malang. Serta lebih meningkatkan lagi sosialisasi karena masih ada yang belum tahu mengenai pelayanan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2010/104/051000603 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 17 Mar 2010 10:02 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114424 |
Preview |
Text
051000603.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |