Strategi Pembangunan Pertanian Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Padi : Studi di Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung'

GayuhWibowoMukti (2009) Strategi Pembangunan Pertanian Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Padi : Studi di Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung'. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu cara Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung dalam upaya meningkatkan produktivitas padi adalah dengan sebuah strategi pembangunan pertanian yang terencana dan terkoodinir dengan baik, dimana strategi pembangunan pertanian di Tulungagung dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah mengetahui strategi pembangunan pertanian yang dilaksanakan di kabupaten Tulungagung, upaya-upaya pelaksanaan strategi pembangunan pertanian serta hambatan-hambatan dalam strategi pembangunan pertanian di kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari peneliti sendiri, alat-alat tulis dan wawancara. Peneliti tidak hanya terbatas pada perhitungan prosentase saja, selanjutnya menggunakan pemikiran logis untuk menggambarkan, menjelaskan dan menguraikan secara mendalam dan sistematis tentang keadaan yang sebenarnya, kemudian ditarik suatu kesimpulan sehingga dapat diperoleh suatu penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembangunan pertanian yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan kabupaten Tulungagung di kecamatan Campurdarat yakni pada tahun 2006 hasil produkstifitas padi 12516.49 Ton, sedangkan pada tahun 2007 hanya 9810.36 Ton, terjadi penurunan sebesar 2706.13 Ton. Tetapi untuk hasil produksi padi per hektarnya terjadi peningkatan, pada tahun 2006 hanya 60.1 Kw/Ha, tahun 2007 sebesar 61.35 Kw/Ha. Penurunan hasil produkstifitas padi ini bukan disebabkan oleh kesalahan human error tetapi pada tahun 2007 terjadi serangan hama (OPT) dan bencana banjir yang mengakibatkan padi petani mengalami puso. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembangunan pertanian yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan kabupaten Tulungagung berjalan sesuai dengan progam yang telah dibuat. Tetapi terjadi bencana alam yang tidak dapat dihindari sehingga produktifitas padi mengalami puso.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/80/050900803
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Mar 2009 13:42
Last Modified: 21 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114396
[thumbnail of 050900803.pdf]
Preview
Text
050900803.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item