Implementasi Strategi Privatisasi BUMN dalam Mewujudkan Good Corporate Governance : studi Evaluatif Terhadap Pilihan Strategi Privatisasi di Telkom Kandatel Malang

KartikaRachmaEkaSari (2009) Implementasi Strategi Privatisasi BUMN dalam Mewujudkan Good Corporate Governance : studi Evaluatif Terhadap Pilihan Strategi Privatisasi di Telkom Kandatel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis terhadap pelaksanaan privatisasi yang diterapkan pada BUMN di Indonesia. Menyikapi keberadaan perusahaan Negara yang belum mandiri pemerintah menerapkan kebijakan privatisasi pada beberapa BUMN, bagi perusahaan yang telah mengalami privatisasi memerlukan strategi yang efektif dan implementasi strategi yang terarah. Pilihan strategi yang tepat dapat mensukseskan pelaksanaan privatisasi bagi BUMN di Indonesia. Privatisasi yang dilakukan oleh setiap peruasahaan Negara memiliki beberapa strategi privatisasi untuk terus menigkatkan kenerja perusahaan, tujuannya agar tetap menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan maupun Negara, strategi yang telah diterapkan perlu diimplementasikan dengan baik sehingga misi, tujuan, dan sasaran dapat tercapai. Perusahaan telekomunikasi (Telkom) menjadi salah astu BUMN yang melaksanakan privatisasi dan mengalami keuntungan yang signifikan, dengan implementasi strategi yang diterapkan, Telkom menjadi provider yang berpengaruh di pasar lokal maupun internasional. Proses privatisasi terhadap BUMN memilliki konsep dasar yaitu Good Corporate Governance , keberadaan konsep privatisasi tidak lepas dari terwujudnya Good Corporate Governance . Sampai saat ini kebijakan privatisasi cenderung mengarah pada bidang politik dari pada ekonomi maka banyak pihak yang pro kontra terhadap kelangsungan privatisasi di Indonesia. Dengan adanya konsep dan teori GCG diharapkan perusahaan Negara tidak hanya menjadikan GCG sebagai aksesoris melainkan sebagai kebutuhan dasar untuk menigkatkan profesionalitas perusahaan baik perusahaan Negara atau swasta. Penerapan konsep GCG juga dilaksanakan pada organisasi Telkom, untuk efisiensi peneliti melakukan riset pada Telkom Kandatel Malang untuk mengetahui dan menganalisis implementasi strategi Telkom dalam mewujudkan GCG. Pilihan strategi privatisasi, bentuk implementasi strategi privatisasi dan faktor-faktor yang mendorong terlaksananya implementasi strategi menjadi fokus dalam penelitian dan metode penelitian kualitatif dengan analisis implementasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi Telkom Kandatel Malang dalam proses privatisasi yaitu dengan menigkatkan mutu pelayanan berupa lebih merespon keluhan konsumen, menciptakan inovasi produk dan optimalisasi kinerja karyawan berupa menilai kualitas kerja karyawan dengan nilai kompetensi dan nilai prestasi yang menigkat setiap tahunnya membuat kandatel malang menjadi salah satu wilayah pelayanan Telkom terbaik. Selain implementasi strategi, evaluasi strategi juga menjadi faktor pendukung suksesnya pelaksanaan proses privatisasi Telkom dan diharapkan dengan terwujudnya Good Corporate Governance dapat menguntungkan semua pihak selain perusahaan dan pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/8/050900395
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2009 09:11
Last Modified: 21 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114395
[thumbnail of 050900395.pdf]
Preview
Text
050900395.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item