Analis SWOT Sebagai Dasar dalam Menentukan Strategi Perusahaan : studi kasus pada PT. Selecta Batu

Kristianingsih (2009) Analis SWOT Sebagai Dasar dalam Menentukan Strategi Perusahaan : studi kasus pada PT. Selecta Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lingkungan merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan oleh sebuah manajemen perusahaan karena dalam perjalanannya, perusahaan akan selalu berinteraksi secara konstan dengan lingkungan yang bersifat sangat dinamis. Dewasa ini, lingkungan mengalami perubahan yang luar biasa dan intensitasnya semakin sering. Akibatnya, persaingan akan semakin ketat dan permasalahan perusahaan yang dihadapai, semakin lama semakin rumit. Dengan dilakukan Analisis lingkungan baik lingkungan internal maupun lingkungan eksternal, maka perusahaan akan cepat mengetahui, mewaspadai dan memahami implikasi-implikasi dari kemudahan untuk kemudian dapat bersaing secara lebih efektif. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk menganalisis lingkungan adalah Analisis SWOT. yaitu suatu analisis yang secara cermat dan teliti yang mengidentifikasikan lingkungan perusahaan yang terdiri dari analisis internal untuk mengetahui kekuatan ( strength ) dan kelemahan ( weakness ) serta analisis eksternal untuk mengetahui peluang ( opportunity ) dan ancaman ( threat ). Analisis ini merupakan identifikasi akan faktor eksternal dan internal serta merupakan strategi yang mencerminkan kecocokan paling baik diantara keempat faktor tersebut. Hal ini didasarkan pada logika bahwa strategi yang efektif adalah memaksimalkan kekuatan dan peluang namun pada waktu yang bersamaan meminimalkan kelemahan dan ancamannya. Disini, PT Selecta sebagai salah satu penyedia jasa pariwisata yang semakin hari mengalami persaingan semakin ketat maka harus melakukan analisis lingkungan agar bisa bertahan, baik menghadapi pesaing maupun menghadapi berbagai perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah yang dihadapi perusahaan berkaitan dengan strategi perusahaan. Dengan kata lain adalah untuk mengetahui bagaimana perumusan dan penetapan strategi yang sesuai bagi perusahaan berdasar pada Analisis SWOT yang telah dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif , dan metode yang digunakan adalah analisis SWOT serta analisis benchmarking untuk mengetahui posisi perusahaan disbanding pesaing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasar identifikasi mengenai kekuatan dan kelemahan pada lingkungan internal serta peluang dan ancaman pada lingkungan eksternal, dapat dikatakan PT. Selecta memiliki kekuatan yang besar untuk lebih mengembangkan usahanya dan menghadapi berbagai ancaman dari lingkungan luar. Dengan melihat kondisi ini, berdasar analisis yang dilakukan maka strategi yang tepat untuk dilakukan adalah strategi diversifikasi dimana perusahaan bisa menciptakan produk baru dengan harapan bahwa lebih banyak produk atau dua bisnis berjalan secara bersama-sama dapat menciptakan lebih banyak profit. Berdasarkan analisis benchmarking terhadap produk Taman Rekreasi Selecta yang dilakukakan, posisi perusahaan berada di bawah pesaing yang paling unggul. Oleh karena itu, jika memungkinkan bisa dilakukan adaptasi terhadap produk pesaing yang paling unggul tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/74/050900734
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2009 14:02
Last Modified: 21 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114389
[thumbnail of 050900734.pdf]
Preview
Text
050900734.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item