Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian : survei pada Konsumen Telepon Selular Sony Ericsson di Ivan Cell Malang

NurulMa`rifah, (2009) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian : survei pada Konsumen Telepon Selular Sony Ericsson di Ivan Cell Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan sarana komunikasi menjadikan komunikasi sebagai sesuatu yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Ditambah dengan semakin komplitnya kebutuhan maupun kepentingan yang mengharuskan orang dituntut bekerja lebih cepat dan efektif, sehingga menyebabkan kebutuhan untuk telepon semakin penting dan harus memilikinya. Hal ini menyebabkan telepon selular sebagai alat komunikasi yang sangat penting bagi masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dengan segala fitur yang ditawarkan. Menawarkan atribut produk yang sesuai terdiri dari harga, kualitas, merek, dan layanan purna jual. Hal ini dikarenakan atribut suatu produk akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut produk secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian telepon seluler Sony Ericsson. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory yaitu untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel harga (X1), kualitas (X2), merek (X3), dan layanan purna jual (X4), sedang variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Sampel yang digunakan sebanyak 75 orang (responden) dilakukan di Ivan Cell Malang dengan menggunakan teknik Aksidental Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Adapun metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling. Skala pengukuran yang dipakai adalah skala likert. Metode analisis data yang dipakai adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel atribut produk (X) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hal ini dapat dilihat dari F hitung sebesar 74,566, dengan signifikansi 0,000. Dalam analisis regresi parsial, variabel harga (X1), kualitas (X2), merek (X3), dan layanan purna jual (X4) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian telepon seluler Sony Ericsson. Berdasarkan penelitian ini pula, diketahui bahwa variabel keputusan pembelian dipengaruhi sebesar 79,9%, sisanya 20,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh sebab itu disarankan agar perusahaan untuk lebih memperhatikan atribut produk terutama harga, kualitas, merek dan layanan purna jual karena atribut produk ini merupakan faktor yang dipertimbangkan konsumen didalam pengambilan keputusan pembelian. Dan hendaknya produsen tetap mempertahankan kualitasnya atau bahkan menambah kualitasnya. Karena seiring dengan perkembangan teknologi yang canggih maka inovasi-inovasi suatu produk harus dikembangkan agar produk tersebut tidak kalah dalam persaingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/67/050900727
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2009 09:10
Last Modified: 21 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114382
[thumbnail of 050900727.pdf] Text
050900727.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item