Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Sidoarjo : studi pada Pengguna Jasa di Puskesmas Porong

YulliRiaDianita (2009) Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Sidoarjo : studi pada Pengguna Jasa di Puskesmas Porong. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas tugas dari pemerintah adalah melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Kualitas pelayanan pemerintah juga diharapkan baik agar dapat memenuhi kepuasan masyarakat sebagai pengguna jasa. Pelayanan dari petugas di Puskesmas Porong seharusnya dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang dalam bidang kesehatan, namun dalam prakteknya masih banyak kekurangan yang mengakibatkan ketidakpuasan pengguna jasanya. Oleh karena itu penelitian ini ingin melihat dan mengetahui lebih jauh tentang bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Porong dan keterkaitan usaha peningkatan pelayanan dengan kepuasan pengguna jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelayanan Puskesmas Porong dan keterkaitannya antara usaha peningkatan kualitas dengan kepuasan pengguna jasa. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi diantaranya: standar penilaian instansi dapat dilakukan secara eksternal dengan menilai kepuasan pengguna jasanya karena fungsi utama instansi tersebut adalah untuk melayani masyarakat dan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan publik adalah kegiatan yang dilakukan oleh pihak lain yang ditujukan guna memenuhi kepentingan orang banyak. Kualitas pelayanan pada dasarnya merupakan kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang melebihi harapan. Pelayanan kesehatan adalah upaya yang diselenggarakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan. Puskesmas merupakan instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas kesejahteraan kesehatan masyarakat di lingkungan Kecamatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memfokuskan pada: (1) kualitas pelayanan di Puskesmas Porong, (2) kepuasan pengguna jasa layanan kesehatan di Puskesmas Porong. Lokasi penelitian berada di Puskesmas Porong dengan alasan karena Puskesmas Porong merupakan satu-satunya Puskesmas Induk di Kecamatan Porong yang berfungsi sebagai Puskesmas perawatan. Sumber data primer didapat dari Kepala Puskesmas Porong, pegawai Puskesmas Porong, masyarakat sebagai pengguna jasa dan peristiwa yang terjadi pada saat penelitian berlangsung. Sumber data sekunder didapat dari dokumen dan arsip yang diperoleh dari Puskesmas Porong. Instrumen penelitian ini adalah penulis, interview guide dan field note. Proses pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanannya, maka Puskesmas Porong terus membenahi jenis-jenis pelayanan yang ada, memberikan pelatihan kepada pegawai atau petugas serta menerapkan peraturan atau tata cara pelayanan sesuai dengan prosedur pelayanan kesehatan. Jenis-jenis pelayanan di Puskesmas Porong yaitu pelayanan rawat inap, poli KIA/KB, poli mata, poli gigi, poli umum, poli lansia, UGD, dan pelayanan informasi. Pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Porong dapat dikatakan telah menerapkan unsur-unsur dalam indeks kepuasan masyarakat yang telah ditentukan. Puskesmas Porong sudah berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa namun beberapa keluhan tentang kurang maksimalnya Puskesmas Porong dalam memberikan pelayanan masih saja ada. Keluhan tersebut nampak pada pelayanan administrasi dan rawat inap. Pada pelayanan administrasi petugas pemberi layanan dinilai masyarakat kurang cepat serta kurang ramah dan sopan dalam melayani. Sedangkan pada rawat inap keluhan pengguna jasa yaitu tentang tanggung jawab petugas, kewajaran dan kepastian biaya serta kenyamanan tempat pelayanan. Saran yang diberikan diantaranya adalah perlunya diadakan pelatihan untuk pegawai Puskesmas Porong agar keahliannya semakin terasah dalam menangani pengguna jasa, perlunya diadakan pengecekan masa pakai barang atau alat pendukung pelayanan secara berkala dan pembenahan kenyamanan lingkungan pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/64/050900724
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2009 08:38
Last Modified: 21 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114379
[thumbnail of 050900724.pdf]
Preview
Text
050900724.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item