Kebijakan Saluran Distribusi yang Efektif Sebagai Usaha Meningkatkan Penjualan (Suatu Kasus pada Perusahaan Rokok PT. Ongkowidjojo Malang).

Dhirgantara, MBayu (2009) Kebijakan Saluran Distribusi yang Efektif Sebagai Usaha Meningkatkan Penjualan (Suatu Kasus pada Perusahaan Rokok PT. Ongkowidjojo Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sasaran terakhir dari setiap produk yang dihasilkan perusahaan adalah konsumen. Oleh karenanya perusahaan harus menyampaikan produknya dengan cepat dan tepat kepada konsumen. Penyampaian produk ini tidak terlepas dari kegiatan distribusi. Strategi distribusi inilah yang dilakukan Perusahaan Rokok PT. Ongkowidjojo untuk memasarkan produknya dengan tujuan untuk mempertahankan posisinya dipasar, menanggulangi penurunan penjualan dan meningkatkan penjualannya. Berdasarkan hal tersebut diatas, masalah yang ditentukan adalah bagaimanakah jenis saluran distribusi yang digunakan, dan bagaimanakah efektivitas saluran distribusi sebagai usaha meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan efektivitas saluran distribusi terhadap peningkatan penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dimana peneliti menggunakan dua variabel yaitu saluran distribusi yang terdiri dari tiga item yaitu banyaknya jumlah perantara (X1), jumlah daerah pemasaran (X2), dan jumlah tenaga pemasaran (X3), variabel kedua adalah volume penjualan (Y). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Analisis yang kedua adalah Deviasi untuk mengetahui peningkatan penjualan. Analisis yang ketiga adalah regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh dua variabel bebas atau lebih terhadap naik turunnya penjualan. Analisis yang keempat uji regresi parsial. Dari hasil penelitian ini dengan menggunakan deviasi penyimpangan antara target dan realisasi penjualan cukup tinggi, tetapi penjualan tiap tahunnya mengalami peningkatan. Sedangkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan regresi parsial menunjukkan bahwa variable saluran distribusi yaitu jumlah perantara (X1), jumlah daerah pemasaran (X2), dan jumlah tenaga pemasaran (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan pada Perusahaan Rokok PT. Ongkowidjojo Malang, serta memberikan kontribusi sebesar 99,9 % terhadap variable penjualan. Kesimpulan dari penelitian ini, saluran distribusi yang dilakukan oleh perusahaan cukup berhasil dalam meningkatkan penjualan, akan tetapi karena jumlah perantara, jumlah daerah pemasaran, dan jumlah tenaga pemasaran terbukti mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap penjualan, maka perusahaan harus memperhatikan lebih terhadap saluran distribusi dan meningkatkan kinerja departemen pemasaran serta menjaga hubungan dengan penyalur agar tetap harmonis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/495/050901373
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 May 2009 11:45
Last Modified: 21 Oct 2021 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114358
[thumbnail of 050901373.pdf]
Preview
Text
050901373.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item