Asosiasi Persepsi Konsumen dan Ekuitas Merek : studi Pada Konsumen Outlet Distro 4UL

YusufArdiatno (2009) Asosiasi Persepsi Konsumen dan Ekuitas Merek : studi Pada Konsumen Outlet Distro 4UL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan seorang konsumen tidak hanya terbatas pada bentuk nyata akan sebuah produk tapi juga bentuk tidak nyata yang memiliki fungsi memuaskan. Peran merek sangatlah penting dalam menunjang keberhasilan sebuah produk untuk diterima di dalam masyarakat. Ekuitas merek ada lima dimensi yang tidak dapat dipisahkan yaitu brand awareness (kesadaran merek), brand loyalty (loyalitas merek), persepsi kualitas, brand assosiation (asosiasi merek) dan aset merek lainnya. Perilaku yang berorientasi pada tujuan pemenuhan kebutuhan yang dipicu oleh motif dipengaruhi oleh persepsinya. Persepsi terdiri dari tiga unsur yaitu perhatian, pemahaman, dan ingatan. Perusahaan yang memiliki ekuitas merek yang kuat maka akan memiliki persepsi konsumen yang kuat pula. Maka peneliti merasa perlu untuk meneliti apakah ada hubungan antara persepsi konumen dengan ekuitas merek. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan asosiasi persepsi konsumen dan ekuitas merek pada konsumen Outlet Distro 4UL. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research (penjelasan), menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang disebarkan kepada konsuemn sebanyak 70 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis chi square dan uji asosiasi lainnya untuk menghitung kekuatan signifikansi hubungan seperti contingency coefficient, Cramer’s, dan Phi. Beberapa hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan asosiasi pada variabel Perhatian (X1) dan variabel Kesadaran merek (Y1), perhatian (X1) dan variabel Persepsi Kualitas (Y2), Perhatian dan Asosiasi Merek (Y3), perhatian (X1) dan Loyalitas Merek (Y4), perhatian (X1) dan Aset Merek Lainnya (Y5). Terdapat juga hubungan asosiasi yang signifikan pada variabel pemahaman (X2) dan variabel persepsi kualitas (Y2), serta antara variabel pemahaman (X2) dan Aset Merek Lainnya (Y5). Hubungan asosiasi yang signifikan terdapat juga pada variabel Ingatan (X3) dan variabel Kesadaran merek (Y1), Ingatan (X3) dan variabel Persepsi Kualitas (Y2), Ingatan (X3) dan Asosiasi Merek (Y3), Ingatan (X3) dan Loyalitas Merek (Y4), Ingatan (X3) dan Aset Merek Lainnya (Y5). Pada hubungan variabel Pemahaman (X2) dan variabel Kesadaran merek (Y1), Pemahaman (X2) dan Asosiasi Merek (Y3), Pemahaman (X2) dan Loyalitas Merek (Y4), tidak terdapat hubungan asosiasi yang signifikan. Sebagai saran sebagai hasil penelitian ini adalah sebaiknya pengelola Outlet Distro 4UL bisa meningkatkan pemahaman konsumen dengan cara memperbanyak informasi produk merek 4UL. Informasi itu dapat berupa katalog produk, serta memperjelas nilai produk. Untuk publikasi dapat dilakukan dengan pemberian langsung kepada konsumen pada setiap pembelian. Hal ini untuk mempermudah dan memperkuat pemahaman konsumen terhadap produk dan merek 4UL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/481/051001129
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2010 10:18
Last Modified: 21 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114347
[thumbnail of 051001129.pdf]
Preview
Text
051001129.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item