Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Usaha Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif (PT Bandara Mega Persada Malang).

ManarafahEly (2009) Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Usaha Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif (PT Bandara Mega Persada Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internet sekarang ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Belakangan ini orang-orang sudah mulai melihat dan menyadari kalau jaringan internet telah mengubah gaya hidup, dan menjadi suatu kebutuhan dalam berbagai bidang. Jaringan internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari arus globalisasi yang melanda seluruh belahan dunia. Teknologi ini juga memungkinkan pengendalian tersentral, dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang terdesentralisasi. Persaingan di sektor perdagangan saat ini sangat ketat. Hal tersebut terjadi seiring dengan tuntutan terhadap tersedianya kemudahan dan kesederhanaan prosedur yang semakin meningkat. Berbagai strategi dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Karena kompleksnya kebutuhan informasi yang diperlukan, maka perusahaan telah melakukan perubahan dengan mengadopsi teknologi informasi ke dalam fasilitas pelayanan mereka. Saat ini konsumen atau pemakai jasa dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang berbagai macam layanan yang ditawarkan oleh perusahaan dengan mengakses situs perusahaan. Bagi perusahaan yang tidak mengadopsi konsep ini tentunya akan mulai tergeser, mengingat persaingan semakin meningkat seiring dengan tingginya mobilitas masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhannya. Dengan adanya konsep ini, perusahaan berlomba-lomba dalam memberikan kemudahan kepada konsumen untuk menikmati fasilitas yang disediakan. Adanya adopsi dari konsep-konsep teknologi informasi ini memberikan satu manfaat bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya adalah sebuah inovasi baru serta alternatif saluran pemasaran yang efektif yang dikenal dengan electronic commerce ( e-commerce ). Dalam Purbo dan Aang Wahyudi yang mengutip pendapat Baum menyebutkan, " e-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik."( Baum dalam Purbo, W. : 2000 , 2). Dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki dalam hal ini hubungan antara penggunaan e-commerce dengan tingkat pendapatan perusahaan. Dari hasil penelitian, perusahaan Terminal Tiket Malang (PT. Bandara Mega Persada Malang)menawarkan beberapa keunggulan dalam jasa yang disediakan, antara lain ; Produk dan Teknologi. Selain beberapa keunggulan di atas, dalam prakteknya masih terdapat kelemahan-kelemahan sehingga penerapan yang dilakukan Terminal Tiket dirasa belum efektif. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa sebab, antara lain : 1. Pihak Terminal Tiket kurang melakukan sosialisasi terhadap situs resmi perusahaan secara luas; 2. Pihak Terminal Tiket kurang mensosialisasikan keberadaan e-commerce ; 3. Situs www.terrminaltiket.com yang mempunyai server di Yogyakarta tidak bisa di-update langsung oleh Pihak Terminal Tiket Malang 4. Layanan Call Center yang berada pada Terminal Tiket Malang masih kurang. 5. Tidak diaktifkannya sistem Firewall. 6. Cara pembayaran yang masih secara manual. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan e-commerce pada Terminal Tiket Malang telah mencapai keunggulan yang kompetitif. Walaupun masih terdapat kelemahan-kelemahan yang disebabkan dari pemanfaatan e-commerce itu sendiri. Maka peneliti harapkan dapat memberi masukan bagi pimpinan Terminal Tiket Malang agar digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemanfaatan dan pengembangan e-commerce selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/450/051000191
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Feb 2010 14:16
Last Modified: 24 Oct 2021 05:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114319
[thumbnail of 051000191.pdf]
Preview
Text
051000191.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item