Analisis Pengaruh Status Pelopor Sebuah Merek Terhadap Sikap Konsumen : survei pada Mahasiswa S-1 Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2006 dan 2007 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ya

DianWahyuYunianto (2010) Analisis Pengaruh Status Pelopor Sebuah Merek Terhadap Sikap Konsumen : survei pada Mahasiswa S-1 Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2006 dan 2007 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh pengetahuan konsumen atas status merek minuman teh dalam kemasan terhadap sikap konsumen merek pelopor minuman teh dalam kemasan, 2) Mengetahui dan menjelaskan perbedaan sikap antara kelompok konsumen yang mengetahui dan yang tidak mengetahui bahwa teh botol Sosro adalah merek pelopor serta yang ragu-ragu bahwa teh botol Sosro adalah merek pelopor. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terdaftar kuliah program S-1 Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2006 dan 2007 yang pernah mengkonsumsi Teh Botol Sosro dan Frestea sebanyak 112 orang responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Teknik Penarikan Sampel Yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling. Dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analysis of variance (ANOVA). Hasil penelitian Berdasarkan tabel Tests of Between-Subjects Effects didapatkan nilai pengetahuan kelompok konsumen atas status merek minuman teh dalam kemasan yang signifikan secara statistik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan kelompok konsumen atas status merek minuman teh dalam kemasan mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek pelopor teh dalam kemasan, besarnya nilai adalah adjusted R square 0,394 mempunyai arti bahwa variabilitas sikap konsumen merek pelopor teh minum dalam kemasan dapat dijelaskan oleh variabilitas pengetahuan kelompok konsumen atas status merek minuman teh dalam kemasan sebesar 39,4% Berdasarkan hasil uji turkey HSD dan bonferroni dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sikap terhadap merek pelopor minuman teh dalam kemasan antara konsumen yang mengetahui teh botol sosro sebagai merek pelopor dengan yang tidak mengetahui bahwa teh botol sosro bukan merek pelopor dengan rata – rata perbedaan sikap 13,25 dan signifikan secara staistik ( p = 0,000), terdapat perbedaan sikap terhadap merek pelopor minuman teh dalam kemasan antara konsumen yang mengetahui teh botol sosro sebagai merek pelopor dengan yang ragu –ragu bahwa teh botol sosro adalah merek pelopor dengan rata – rata perbedaan sikap 7,91 dan signifikan secara staistik ( p = 0,000), Terdapat perbedaan sikap terhadap merek pelopor minuman teh dalam kemasan antara konsumen yang tidak mengetahui teh botol sosro sebagai merek pelopor dengan yang ragu - ragu bahwa teh botol sosro adalah merek pelopor dengan rata – rata perbedaan sikap 5,34 dan signifikan secara staistik ( p = 0,003). Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan konsumen atas status merek minuman teh dalam kemasan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap konsumen merek pelopor minuman teh dalam kemasan (H1) dan terdapat perbedaan sikap yang signifikan antara kelompok konsumen yang mengetahui dan yang tidak mengetahui bahwa teh botol sosro adalah merek pelopor serta yang ragu-ragu bahwa teh botol Sosro adalah merek pelopor (H2). Sarannya PT. Sinar Sosro harus selalu memantau perubahan sikap yang ada pada konsumen, karena ada kecenderungan untuk menganggap bahwa sikap itu merupakan faktor yang tepat untuk meramalkan perilaku yang akan datang, sehingga konsumen tetap mempercayai bahwa teh botol Sosro merupakan merek pelopor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/439/051000107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2010 10:19
Last Modified: 24 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114306
[thumbnail of 051000107.pdf]
Preview
Text
051000107.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item