Kinerja Pegawai Dinas Perijinan Kota Malang Dalam Memberikan Pelayanan Publik.

PutriAndinaKenangasari (2009) Kinerja Pegawai Dinas Perijinan Kota Malang Dalam Memberikan Pelayanan Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring diberlakukannya otonomi daerah, Pemerintah Daerah dituntut untuk memiliki sumber daya aparatur daerah yang handal dan berkualitas untuk melaksanakan tugasnya. Dalam hal ini dituntut adanya kinerja pegawai yang baik dalam memberikan pelayanan publik. Selama ini kinerja pegawai negeri sipil dinilai masih kurang optimal, hal inilah yang melatar belakangi penelitian ini sehingga nantinya dapat diketahui bagaimana kinerja pegawai Dinas Perijinan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik apakah telah memenuhi standar pengukuran kinerja atau belum. Pelaksanaan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik juga terdapat adanya faktor pendukung dan penghambat baik dari segi internal maupun eksternal organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kinerja pegawai Dinas Perijinan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat kinerja pegawai Dinas Perijinan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian peneliti adalah kinerja pegawai Dinas Perijinan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik ditinjau dari standar pengukuran kinerja yang meliputi ukuran waktu, ukuran efek dan reaksi serta prosedur kerja pegawai, disiplin kerja pegawai dan kecepatan kerja pegawai. Adapun faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat kinerja pegawai Dinas Perijinan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik antara lain adalah faktor internal dan eksternal. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perijinan Kota Malang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Kinerja pegawai Dinas Perijinan Kota Malang dalam memberikan pelayanan publik dinilai telah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa tanggapan positif masyarakat pemohon ijin yang diukur dari: 1. Standar pengukuran kinerja yang meliputi : a. Waktu penyelesaian ijin dan jangka waktu ijin sebagai wujud ukuran waktu; b. Evaluasi dan monitoring sebagai wujud pelaksanaan ukuran efek atau ukuran pencapaian standar; c. Ukuran reaksi yang diwujudkan dengan adanya penilaian masyarakat terhadap kinerja pegawai Dinas Perijinan Kota Malang melalui penyebaran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Dalam IKM tersebut tercantum unsur-unsur prinsip pelayanan publik yang meliputi: persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan dan keamanan pelayanan. 2. Prosedur kerja pegawai; 3. Disiplin kerja pegawai; dan 4. Kecepatan kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/436/051000026
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jan 2010 10:09
Last Modified: 24 Oct 2021 04:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114303
[thumbnail of 051000026.pdf]
Preview
Text
051000026.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item