Pengelolaan piutang yang efektif guna meningkatkan rentabilitas : studi pada koperasi karyawan (Kopkar) PT. Gudang Garam Tbk. Kediri"KEKAR").

AndhyRiyoKristian (2009) Pengelolaan piutang yang efektif guna meningkatkan rentabilitas : studi pada koperasi karyawan (Kopkar) PT. Gudang Garam Tbk. Kediri"KEKAR"). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai lembaga kredit, koperasi dituntut mempertahankan atau bahkan harusdapat mengelola serta mengadakan pengawasan yang efektif terhadap modal kerjanyaterutama yang menyangkut kredit koperasi dengan memperhatikan resiko yangmungkin timbul sebagai akibat adanya kebijaksanaan kredit sehingga dapatmeningkatkan efisiensi penggunaan modal kerja yang ada dan pada akhirnya dapatmeningkatkan rentabilitas Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kebijaksanaan kredit yangdijalankan oleh manajemen koperasi dan untuk mengetahui dampak kebijakan kredit terhadap rentabilitas. Dilihat dari cara atau metode yang digunakan dalam penelitia nini adalah metode deskriptif karena penelitian ini menggambarkan ataumendeskripsikan sejumlah variabel dari obyek yang diteliti tanpa menarik kesimpula n umum. Dilihat dari ruang lingkupnya dan tujuanpenelitian ini tergolong penelitian kasus. adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Karyawan "MEKAR" PT. Gudang Garam Tbk. Kediri selama 3 tahun terakhir memiliki masalah dalampengelolaan piutangnya. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya dana yang tertanam dalam pos piutang mengakibatkan kredit macet sehingga tingkat perputaran piutang yang masih sangat lambat dari periode yang diisyaratkan koperasi dan berpengaruh terhadap tingkat rentabilitas koperasi. Pengelolaan piutang yang baru seperti memperketat kebijakan kredit, menambah jangka waktu pinjaman untuk plafondtertentu, melakukan penagihan atau pengumpulan piutang secara efektif dengan cara mengoptimalkan komisariat atau korlap di lapangan diharapkan mampu menjawab masalah koperasi. Dari hasil proyeksi keuangan tahun 2009 menunjukkan bahwa rasio-rasio keuangan seperti rasio likuiditas, aktivitas, dan rentabilitas mengalami kenaikan.Pada tahun 2008 periode rata-rata pengumpulan piutang koperasi adalah 528 harisedangkan pada tahun 2009 adalah 389 hari bahkan lebih cepat dari waktu yangdiisyaratkan koperasi. Begitu pula dengan RE, RMS, dan ROI mengalami kenaikan yaitu 12%, 12,28%, dan 9% dari yang sebelumnya 10,97%, 10,69%, dan 8,12%. Padaakhirnya kebijaksanaan pengelolaan piutang yang baru dirasakan cukup efektif danmampu menjawab masalah yang dihadapi koperasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/430/050903619
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2009 10:16
Last Modified: 24 Oct 2021 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114297
[thumbnail of Bab_I_-_V.pdf]
Preview
Text
Bab_I_-_V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of pembukaan.pdf]
Preview
Text
pembukaan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item