Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Studi kasus pada PT. Gudang Garam, Tbk)

RobertRusdianto (2009) Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan (Studi kasus pada PT. Gudang Garam, Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor industri terutama yang berskala besar telah mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, akan tetapi disisi lain operasional oleh sektor industri tidakjarang menyebabkan terjadinya degladasi lingkungan diantaranya adanya polusi udara, suara maupun limbah hasil olahan. Hal tersebut menyebabkan hubungan masyarakat dengan perusahaan menjadi tidak harmonis puncaknya muncul berbagai tuntutan dari masyarakat berupa ganti rugi atas kerusakan lingkungan dan pemekerjaan masyarakat di sekitar perusahaan sehingga muncul konsep Corporate Social Responsibility . Corporate Social Responsibility atau lebih familiar dengan nama CSR topik menjadi diskusi yang menarik beberapa tahun terakhir di masyarakat yang menyebutkan kepedulian perusahaan kepada masyarakat namun PT. Gudang Garam, Tbk tidak merasakan hal tersebut sebagai sesuatu yang baru. Kepedulian PT. Gudang Garam, Tbk kepada masyarakat sejak awal seakan telah menyatu, karena merupakan bagian dari pandangan hidup (Alm) Surya Wonowijoyo selaku pendiri PT. Gudang Garam, Tbk, yaitu kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara umum penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT. Gudang Garam, Tbk. serta menjelaskan pengaruh variabel-variabel dalam Corporate Social Responsibility (CSR) secara simultan maupun parsial terhadap citra PT. Gudang Garam,Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatori serta menggunakan metode penelitian survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dan besarnya sampel dilakukan dengan menggunakan rumus sampel linier time funtion . Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam penerapan CSR nya, PT. Gudang Garam, Tbk terbagi dalam beberapa bentuk, mulai dari Lingkungan hidup dan energi; Sumber daya manusia dan pendidikan; Praktek bisnis yang jujur; Membantu lingkungan masyarakat; Kegiatan seni dan kebudayaan; Hubungan dengan pemegang saham dan hubungan perusahaan dengan pemerintah. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa dari empat variabel bebas yaitu Motivasi Penerapan CSR (X 1 ), Ruang Lingkup Penerapan CSR (X 2 ), Bentuk Penerapan CSR (X 3 ) dan Media Penerapan CSR (X 4 ) berpengaruh secara simultan terhadap Citra Perusahaan (Y) yang ditunjukan oleh F hitung sebesar 10,511 dengan probabilitas 0,000 yang nilainya lebih kecil dari nilai α=0,05 (p< 0,05). Dan secara parsial hanya variabel ruang lingkup penerapan CSR (X 2 ) dan bentuk penerapan CSR (X 3 ) yang berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan (Y) sedangkan sisanya variabel motivasi penerapan CSR (X 1 ) dan media penerapan CSR (X 4 ) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda juga dapat ditunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility (CSR) yang dominan pengaruhnya terhadap citra perusahaan adalah variabel Bentuk Penerapan CSR (X 3 ) yang memiiki t hitung terbesar yaitu 2,593 dibandingkan variabel-variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/428/050903617
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2009 10:08
Last Modified: 24 Oct 2021 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114294
[thumbnail of 050903617.pdf]
Preview
Text
050903617.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item