Kepemimpinan Perempuan Dalam Pemerintah Daerah (Studi tentang Fungsi dan Gaya Kepemimpinan Camat Perempuan di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar)

SiskaTrysianna (2009) Kepemimpinan Perempuan Dalam Pemerintah Daerah (Studi tentang Fungsi dan Gaya Kepemimpinan Camat Perempuan di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang “Kepemimpinan Perempuan Dalam Pemerintah Daerah” dengan permasalahan Bagaimana pelaksanaan fungsi kepemimpinan dalam kepemimpinan Camat Perempuan di Kecamatan Kesamben dan juga bagaimana gaya kepemimpinan Camat Perempuan di Kecamatan Kesamben. Penelitian ini mengacu pada Teori Fungsi Kepemimpinan, serta Gaya Kepemimpinan. Data primer dan sekunder menunjukkan bahwa Fungsi Kepemimpinan yang telah dilakukan oleh Camat Kecamatan Kesamben sudah terlaksana dengan baik dan gaya kepemimpinan yang diterapkan di Kantor Kecamatan Kesamben ini telah berjalan baik serta menunjukkan adanya kerjasama yang baik antara Camat dengan para pegawainya. Hal ini dilihat dari aktivitas pengambilan keputusan, komunikasi atasan dengan bawahan, pengawasan, pengembangan pegawai, pemberian pengarahan. Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi kepemimpinan yang dilakukan di Kecamatan Kesamben dalam hal penerapan fungsi motivasi dilakukan oleh Bu Camat dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku, selain itu juga Bu Camat dalam pelaksanaan fungsi komunikasi dengan pegawai sangat baik dan akrab. Fungsi Pengawasan dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Bu Camat. Sedangkan pelaksanaan fungsi inovasi Bu Camat berperan sebagai Agent Of Change . Fungsi Keteladanan di lakukan Bu Camat dengan memberikan contoh perilaku yang baik kepada pegawainya. Gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Camat Perempuan di Kecamatan Kesamben tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh camat lakilaki di kecamatan lain tetapi di kecamatan Kesamben Camat perempuan yang memimpin lebih cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokratik. Melihat hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar maka peneliti memberikan beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kerjasama antara Camat dengan pegawai diantaranya Camat perempuan di tuntut untuk lebih banyak memberikan motivasi, arahan kepada para pegawainya agar kerja pegawai lebih baik lagi, cara berkomunikasi yang baik dengan menggunakan teknik komunikasi yang dapat diterima oleh pegawai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/426/050903615
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Dec 2009 17:45
Last Modified: 24 Oct 2021 04:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114292
[thumbnail of 050903615.pdf]
Preview
Text
050903615.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item