Upaya Peningkatan Kinerja Sektor Pemerintah (Studi Pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang).

WindahSulistyowati (2009) Upaya Peningkatan Kinerja Sektor Pemerintah (Studi Pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja suatu organisasi dapat dilihat dari tingkatan sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang didasarkan pada visi dan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kesulitan dalam pengukuran kinerja organisasi publik sebagian muncul karena tujuan dan misi organisasi publik seringkali bukan hanya kabur akan tetapi juga bersifat multidimensional. Bagi organisasi upaya peningkatan kinerja adalah sarana untuk mendapatkan keberhasilan dalam menjalankan serta melaksanakan visi misi yang telah ada. Dalam hal ini Dinas kebersihan dan pertamanan kota Malang yang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan kewenangan Daerah di bidang pengelolaan kebersihan sesuai dengan kebijakan Kepala Daerah yang bertujuan untuk meningkatkan derajad kebersihan masyarakat, terwujudnya pengelolaan dan pengolahan sampah yang efektif dan efisien, terwujudnya peningkatan kualitas kebersihan lingkungan, terwujudnya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masyarakat, terselenggaranya peningkatan kinerja. Belum menunjukkan kinerja yang efektif dan efisien. Hal ini sesuai data yang ada yaitu Kota Malang dengan jumlah penduduk 763.465 jiwa, menghasilkan 2.481 m 3 timbulan sampah. Jumlah ini didapatkan dari jumlah penduduk x 3,25/1000. Namun Kota Malang baru dapat mengelola sebanyak 1.370 m 3 . Sehingga banyaknya sampah yang belum terlayani adalah 1.111 m 3 atau 44%. Berdasarkan pernyataan diatas peneliti melakukan penelitian pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kinerja pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang mendiskripsikan dan menganalisa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja serta mendiskripsikan dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat pengembangan kinerja pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan pengamatan dan pendeskripsian realita sungguhnya yang terjadi pada obyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang saat ini sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan perbaikan kinerja secara terus menerus. Adapun upaya peningkatan kinerja pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang yang dapat dilihat dari beberapa aspek, yang pertama yaitu Anggaran, dalam hal ini pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang anggaran yang diperoleh setiap tahunnya mengalami perbedaan, sering kali mengalami kenaikan tetapi juga terjadi penurunan. Kedua sumber daya manusia, salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan pegawai adalah memberi kesempatan kepada pegawainya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai bidangnya. Ketiga perawatan, perawatan secara berkala yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan belum sesuai dengan kebutuhan. Yang terakhir penambahan jam kerja,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/422/050903611
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Dec 2009 17:19
Last Modified: 24 Oct 2021 04:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114288
[thumbnail of 050903611.pdf]
Preview
Text
050903611.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item