Analisis Capital Budgeting Untuk Evaluasi Kelayakan Investasi Aktiva Tetap (Studi Kasus Pada PT. Prima Duta Cargo Balikpapan)

NindyaKhiranaWulandari (2009) Analisis Capital Budgeting Untuk Evaluasi Kelayakan Investasi Aktiva Tetap (Studi Kasus Pada PT. Prima Duta Cargo Balikpapan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layak atau tidaknya penambahan aktiva tetap berupa 2 unit armada tronton pada PT. Prima Duta Cargo pada tahun 2008, dimana perencanaan penambahan armada dilakukan berdasarkan adanya order yang tidak dapat tertangani akibat armada yang terbatas. Metode yang digunakan adalah analisis capital budgeting dimana dihitung beberapa komponen penilaian yang akan menekankan keputusan investasi perusahaan apakah layak untuk dilaksanakan atau tidak. Metode tersebut antara lain: (1) Average Rate of Return (2) Payback Period (3) Net Present Value (4) Benefit Cost Ratio / Profitability Index dan (5) Internal Rate of Return. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisa penulis, diketahui bahwa PT Prima Duta Cargo dalam perencanaan investasinya tidak melakukan suatu analisis yang tepat dalam meyakinkan keputusan maupun untuk peramalan investasi nantinya tetapi hanya melalui studi aspek peluang pasar saja dimana keputusan tersebut sepenuhnya dibuat oleh kebijakan direktur utama yaitu pemilik perusahaan. Keputusan investasi sebelumnya dibuat berdasarkan tahun-tahun sebelumnya dimana sama sekali tidak memperhitungkan kemungkinan biaya yang akan terjadi dalam investasi ataupun penilaian lain. Hal ini membuat perusahaan tidak dapat meramalkan biaya yang dapat terjadi sewaktu-waktu akibat penambahan investasi maupun adanya kenaikan biaya akibat inflasi dan sebagainya. Dengan bantuan analisis capital budgeting yang tepat diharapkan dapat memberikan gambaran yang tepat bagi perusahaan sebelum melakukan investasi dengan memperhitungkan segala kemungkinan dilihat dari aspek keuangan. Analisis ini memperhitungkan beberapa komponen keuangan misalnya initial investment , lama proyek/ investasi diharapkan akan kembali modal, estimasi pendapatan, estimasi biaya dan peramalan lain yang dapat memberikan gambaran bagi perusahaan untuk pengambilan keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/418/050903587
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Dec 2009 10:42
Last Modified: 24 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114283
[thumbnail of 1.pdf]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.pdf]
Preview
Text
2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4.pdf]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.pdf]
Preview
Text
6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.pdf]
Preview
Text
3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5.pdf]
Preview
Text
5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item