Pembangunan Dalam Bidang Kesehatan Melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Miskin (Studi Kasus Pada Puskesmas Kendalsari)

DheviAgustien (2009) Pembangunan Dalam Bidang Kesehatan Melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Miskin (Studi Kasus Pada Puskesmas Kendalsari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kesehatan adalah hak dan investasi, sehingga semua warga negara berhak atas kesehatannya termasuk masyarakat miskin. Krisis kesehatan sebagai akibat dari krisis ekonomi berkepanjangan di Indonesia membuat masyarakat miskin/kurang mampu menderita karena sulitnya menjangkau fasilitas pelayanan kesehatan. Untuk menjamin akses penduduk miskin terhadap pelayanan kesehatan, maka Pemerintah membuat program bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan, bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang bernama JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT yang biasa disebut dengan singkatan JAMKESMAS. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan Puskesmas Kendalsari Malang dalam rangka mendukung program JAMKESMAS dalam mewujudkan pembangunan administrasi dalam bidang kesehatan, (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat Puskesmas Kendalsari untuk mendukung programJAMKESMAS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriftif dengan pendekatan kualitatif Hasil penelitian menjawab bahwa: Kartu kepersertaan jamkesmas dapat diperoleh dengan cara di data per kelompok kemiskinan di tingkat RT (Rukun tetangga), lalu diusulkan ke tingkat RW (Rukun warga), data yang diperoleh dilaporkan ke tingkat Kelurahan, selanjutnya secara berurutan diteruskan ke Kecamatan, Puskesmas, Dinas kesehatan kota atau kabupaten, Pemerintah kota atau kabupaten, dan hasil data yang ada terakhir sampai ke Dinas Kesehatan pusat, pembuatan kartu Jamkesmas ini dilakukan secara serempak. Agar perangkat desa mudah dalam menentukan RTM (Rumah Tangga miskin) maka BPS (Badan Pusat Statistik) mengeluarkan 14 kriteria masuk kategori RTM. Pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Kendalsari Malang kepada Pasien peserta JAMKESMAS adalah Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Primer, Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Tingkat Primer, pelayanan pertolongan persalinan, Upaya Kesehatan yang bersifat pencegahan sekunder. Apabila pelayanan yang dibutuhkan Pasien Jamkesmas diluar kemapuan Puskesmas Kendalsari Malang maka dilakukan rujukan ke rumah sakit yang memberikan pelayanan program jamkesmas. Rumah sakit rujukan untuk Puskesmas kendalsari adalah RS. Saiful Anwar Malang, RSJP Prof. Dr. dr. Radjiman Lawang, dan RST Sopraoen Malang. Ada empat belas macam pelayanan rawat jalan yang bisa di dapatkan oleh Pasien yang menjadi peserta Jamkesmas, diantaranya adalah pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan, pelayanan Pengobatan umum dan Gigi, penanganan gawat darurat, penanganan gizi kurang/ buruk, dan lain-lain. Hambatan Puskesmas Kendalsari dalam mendukung program JAMKESMAS yaitu: (a) Kurangnya kepahaman masyarakat tentang Jamkesmas, (b) masih kurang tepatnya sasaran jamkesmas, (c) membuat masyarakat menjadi manja. Sehingga Puskesmas Kendalsari berupaya dengan cara memberikan pengertian kepada pasien Jamkesmas yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan, melakukan sosialisasi di luar puskesmas Kendalsari, memasang gambar alur prosedur pelayanan di dinding, serta menggunakan pengeras suara untuk menuntun Pasien dalam mendapatkan urutan pelayanan kesehatan yang benar. Dengan adanya bantuan Pemerintah dalam bidang kesehatan yang ditujukan bagi masyarakat miskin ini perlu dipertahankan mengingat jumlah masyarakat miskin di Indonesia masih cukup banyak dan mereka tidak mampu untuk membiayai pemeriksaan dan pengobatannya sendiri. Hanya saja untuk menjadi anggota Jaminan Kesehatan Masyarakat harus benar-benar di seleksi secara ketat agar program ini tidak dimananfaatkan oleh orang yang tidak berhak mendapatkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/417/050903585
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Dec 2009 10:54
Last Modified: 24 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114282
[thumbnail of 050903585.pdf]
Preview
Text
050903585.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item