Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Rumah Makan Sania, Kota Blitar )

Dhidhitdj (2009) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Rumah Makan Sania, Kota Blitar ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara bersamasama maupun parsial dalam bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian serta variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian terhadap produk Rumah Makan Sania di Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar yang diukur dari alat-alat bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan tempat. Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat dipergunakan oleh pihak Rumah Makan untuk lebih meningkatkan kwalitas bauran pemasaranya tersebut sehingga dapat lebih menjaring lebih banyak konsumen untuk melakukan keputusan pembelian pada Rumah Makan Sania sehingga usaha Rumah Makan Sania ini bisa bersaing dan berkembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian (produk) pada Rumah Makan Sania, Kota Blitar . Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling (sampling assidental). Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, regresi parsial dan korelasi berganda. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa uji F diperoleh bahwa variabel bauran pemasaran (X) memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 29,515 > F tabel 2,52. Dengan analisis regresi parsial dapat pula diketahui bahwa variabel produk (X1) memiliki pengaruh paling dominant terhadap keputusan pembelian (Y), hal ini dibuktikan dengan t hitung sebesar 4,322. Selain itu berdasarkan analisis korelasi berganda dapat diketahui bahwa variabel bauran pemasaran (X) memiliki hubungan secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian (Y), hal ini dibuktikan dengan memiliki tingkat keeratan dengan koefisien korelasi (R) = 0,817. Dan berdasarkan penelitian ini pula diketahui bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 64,4 % oleh variabel bauran pemasaran (X), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 35,6 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/411/050903480
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2009 11:14
Last Modified: 24 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114276
[thumbnail of 050903480.pdf]
Preview
Text
050903480.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item