Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Karyawan (Studi pada PT. Federal International Finance, Cabang Kediri)

IkaKurniaPalupi (2009) Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Karyawan (Studi pada PT. Federal International Finance, Cabang Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prestasi kerja merupakan tolak ukur dari pencapaian tujuan organisasi. Organisasi yang prestasi kerja karyawannya tinggi menunjukkan bahwa organisasi tersebut mampu bersaing, untuk menjalankan, mengelola, dan mengembangkan usahanya, salah satu cara yang sering dilakukan organisasi adalah menumbuhkan juga meningkatkan motivasi dan disiplin kerja. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor motivasi dan sikap serta perilaku disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory . Konsep motivasi terdiri dari pemeliharaan dan motivator, sedangkan disiplin kerja terdiri dari disiplin yang timbul dengan sendirinya dan disiplin berdasarkan perintah. Sehingga dalam penelitian ini terdapat 4 variabel bebas untuk variabel terikatnya adalah prestasi kerja. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 37 orang karyawan PT. Federal International Finance, Cabang Kediri. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif yang berisi distribusi item dari masing-masing variabel, uji regresi linier berganda yang digunakan untuk menganalisis dan menghitung besarnya pengaruh secara keseluruhan variabel bebas dan terikat dan regresi parsial untuk mengetahui variabel bebas yang paling berpengaruh. Dari hasil analisis data yang diperoleh dengan bantuan komputer spss 11 didapat bahwa hasil regresi linear berganda Y = 2,984 + 0,120X 1 + 0,149X 2 + 0,226X 3 + 0,487X 4 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,936 menunjukkan hubungan yang sangat erat antara keempat variabel tersebut secara simultan terhadap prestasi karyawan dan nilai R 2 sebesar 0,860 menunjukkan bahwa 86% motivasi kerja karyawan dipengaruhi oleh keempat variabel tersebut sedangkan sisanya 14% dipengaruhi oleh faktor lain diluar empat variabel yang diamati. Berdasarkan uji parsial yang dilakukan, variabel disiplin yang timbul dengan sendirinya mempunyai pengaruh yang dominan terhadap prestasi karyawan PT. Federal International Finance, Cabang Kediri. Sedangkan variabel factor pemeliharaan mempunyai pengaruh paling lemah terhadap prestasi karyawan PT. Federal International Finance, Cabang Kediri. Prestasi karyawan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor motivasi dan disiplin kerja, seperti pemeliharaan, motivator, disiplin yang timbul dengan sendirinya, dan disiplin berdasarkan perintah. Sehingga apabila manajemen ingin meningkatkan prestasi karyawan guna mencapai tujuan, pihak manajemen harus dapat memberikan perhatian lebih besar pada keempat faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/402/050903471
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Dec 2009 09:55
Last Modified: 24 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114267
[thumbnail of 050903471.pdf]
Preview
Text
050903471.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item