Pelaksanaan Pengembangan Produk Guna Menigkatkan Penjualan : studi kasus pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, Gresik

Mislianto (2009) Pelaksanaan Pengembangan Produk Guna Menigkatkan Penjualan : studi kasus pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya perusahaan untuk memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dalam kondisi persaingan yang berkembang sangat cepat dan begitu banyak produk sejenis yang diproduksi oleh beberapa perusahaan. upaya yang dapat dilakukan perusahaan yaitu dengan melakukan pengembangan produk (product development) melalui perbaikan, penyempurnaan atau menghasilkan produk baru yang berbeda dengan produk yang telah ada. Penelitian yang dilakukan pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, Gresik) ini mengangkat permasalahan bagaimana pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan dan bagaimana peranan pengembangan produk dalam meningkatkan penjualan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan serta mengetahui dan menjelaskan bagaimana peranan pengembangan produk dalam meningkatkan penjualan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah analisis rata-rata ukur sederhana dan analisis times series. Hasil analisis data yang diperoleh adalah pengembangan produk yang dilakukan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk memiliki hubungan yang positif terhadap penjualan. Sebelum melaksanakan pengembangan produk, perusahaan hanya memproduksi semen jenis Ordinary Portland Cement (OPC) dan Portland Pozzolan Cement (PPC). Kedua jenis semen tersebut mampu menyumbang ratarata penjualan semen sebesar 4,8% tiap tahunnya terhitung sejak tahun 1997-2002. Tahun 2003 perusahaan melaksanakan pengembangan produk yang menghasilkan semen dengan spesifikasi khusus yang disebut Special Blended Cement (SBC). Dengan memproduksi 3 jenis semen, rata-rata penjualan semen perusahaan tiap tahunnya meningkat menjadi 5,7% terhitung tahun 2003-2008. Peningkatan ratarata penjualan sebesar 0,9% tersebut menunjukkan pengembangan produk yang dilakukan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk memiliki kontribusi yang positif terhadap peningkatan penjualan.. Saran yang dapat diberikan yaitu perusahaan hendaknya senantiasa mengikuti perkembangan pasar dan menganalisis pasar untuk mengetahui kebutuhan pasar yang dapat berkembang, melakukan inovasi terhadap produk-produknya walaupun produk dari perusahaan bersifat komoditas yang sulit untuk dilakukan pengembangan serta pengembangan produk yang dilaksanakan hendaknya dapat menciptakan produk dengan spesifikasi khusus yang memiliki manfaat yang khusus pula guna memenuhi kebutuhan pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/390/050903306
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2009 11:20
Last Modified: 24 Oct 2021 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114254
[thumbnail of 050903306.pdf]
Preview
Text
050903306.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item