Kerjasama Perusahaan Daerah Dengan Pihak Swasta Dalam Meningkatkan Sumber Pendapatan Pembangunan di Kabupaten Sidoarjo :

MerdianiRofaida (2009) Kerjasama Perusahaan Daerah Dengan Pihak Swasta Dalam Meningkatkan Sumber Pendapatan Pembangunan di Kabupaten Sidoarjo :. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah ditujukan untuk memberi kesempatan bagi peningkatan demokrasi dan kinerja daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah sendiri. Sebagai konsekuensi pelaksanaan otonomi daerah, maka masing–masing daerah otonom dituntut untuk berupaya meningkatkan sumber PAD agar mampu membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Salah satu aset daerah yang dapat menyumbangkan sebagian labanya terhadap PAD adalah perusahaan daerah. Namun pada kenyataannya, penerimaan daerah terbesar bukan berasal dari laba BUMD melainkan dari sektor pajak dan retribusi daerah, bahkan beberapa perusahaan daerah malah menjadi beban bagi pemerintah daerah. Peneliti mengambil lokasi di PDAM Delta Tirta Sidoarjo karena Sidoarjo merupakan daerah yang sedikit sekali cadangan air bawah tanahnya sehingga tidak ada sumber air bersih yang disedot oleh PDAM untuk didistribusikan kepada masyarakat. Selain itu, adanya peningkatan permintaan akan air bersih sedangkan PDAM hanya mampu memproduksi air dalam jumlah yang terbatas. Untuk meningkatkan kapasitas produksi air tersebut PDAM mengalami keterbatasan modal dalam membangun IPA beserta fasilitas pendukungnya dan mengoperasionalkannya sehingga cakupan layanan tidak bisa diperluas. Padahal salah satu sumber pendapatan diperoleh dari pembebanan biaya terhadap pelanggan melalui penetapan tarif air bagi tiap kelompok pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan kerjasama dengan pihak swasta dalam meningkatkan kapasitas produksi air dengan membangun IPA beserta fasilitas pendukungnya dan mengoperasionalkannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi dari instansi yang bersangkutan kemudian dilakukan reduksi, analisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama yang dilakukan dengan pihak swasta mampu meningkatkan laba PDAM, tetapi kontribusi yang diberikan kepada PAD tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Walaupun demikian pendapatan daerah Kabupaten Sidoarjo tahun 2006-2008 tetap mengalami peningkatan tetapi penerimaan terbesar bukan berasal dari laba perusahaan daerah. Pemanfaatan sumber pendapatan daerah di bidang pendidikan dan kesehatan telah dilakukan dengan pelaksanaan beberapa program, tetapi pelaksanaannya belum tepat sasaran sehingga pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan belum berhasil. Saran yang dapat diberikan adalah PDAM Delta Tirta Sidoarjo harus meningkatkan dan menjaga kualitas air sehingga masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan dan dalam mengkontribusikan laba kepada PAD harus sesuai dengan peraturan yang ada. Pelaksanaan program pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan harus lebih transparan dan tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/376/050903131
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2009 10:47
Last Modified: 24 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114239
[thumbnail of 050903131.pdf]
Preview
Text
050903131.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item