Pengaruh Persepsi Program Lifebouy (Berbagi Sehat) terhadap Bentuk Tanggungjawab Sosial Perusahaan dan Dampaknya terhadap Citra Perusahaan : survei pada Mahasiswa Angkatan 2007 yang Menggunakan Sabun

ImronRosyadi (2009) Pengaruh Persepsi Program Lifebouy (Berbagi Sehat) terhadap Bentuk Tanggungjawab Sosial Perusahaan dan Dampaknya terhadap Citra Perusahaan : survei pada Mahasiswa Angkatan 2007 yang Menggunakan Sabun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin cepat dan diiringi dengan meningkatnya persaingan menuntut perusahaan untuk semakin meningkatkan kinerjanya. Untuk mengatasi hal tersebut setiap perusahaan berusaha melebarkan pangsa pasarnya dengan berbagai strategi. Salah satu strategi yang digunakan yaitu dengan membentuk citra perusahaan yang baik di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi program lifebouy (berbagi sehat) sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan terhadap citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory recearch) yang didukung oleh data primer dan data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program strata-1 Angkatan 2007 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang menggunakan sabun Lifebouy dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel dengan Accidental. Penelitian ini menggunakan tiga konsep, yaitu konsep perhatian terdiri dari variabel perhatian (X1), variabel pemahaman (X2), variabel ingatan (X3), konsep bentuk tanggungjawab sosial perusahaan (Z), serta konsep citra perusahaan. Teknik analisis data menggunakan Analysis Path. Dari hasil penelitian diketahui bahwa konsep persepsi memiliki pengaruh secara simultan terhadap konsep bentuk tanggungjawab sosial perusahaan dengan Fhitung sebesar 7,344 (p=0,000) maupun melalui bentuk tanggungjawab sosial perusahaan yang dapat dilihat dari hasil uji hasil parsial terdapat variabel yang berpengaruh dominan, yaitu variabel ingatan (X3) 0,101022. Dari Analysis Path dapat diketahui pula pengaruh variabel bentuk tanggungjawab sosial perusahaan (Z) terhadap variabel citra perusahaan (Y) dengan Fhitung sebesar 0,298 (p=0,001). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah mahasiswa sebagai konsumen mempunyai persepsi yang baik pada bentuk tanggungjawab sosial perusahaan yang nantinya akan berdampak terhadap citra perusahaan, saran kepada perusahaan bahwa Program tanggungjawab sosial perusahaan merupakan program yang dipandang baik oleh konsumen sabun mandi Lifebouy. Hal ini merupakan satu poin bagus untuk Lifebouy untuk menciptakan citra yang baik di mata konsumen. Oleh karena itu Lifebouy perlu tetap mempertahankan dan mengembangkan program tanggungjawab sosial perusahaan dengan merancang program yang lebih menyentuh kepentingan lebih banyak pihak. Citra baik inilah yang akan memberikan nilai tambah bagi Lifebouy untuk menghadapi persaingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/372/050903071
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2009 10:45
Last Modified: 24 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114235
[thumbnail of 050903071.pdf]
Preview
Text
050903071.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item