Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan (Survey Pada Karyawan P.T. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang)

SuryoAdiM (2009) Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan (Survey Pada Karyawan P.T. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan” yang dilakukan terhadap karyawan P.T. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel materi pelatihan, metode pelat ihan, sarana pelatihan, serta instruktur pelatihan terhadap kompetensi kerja karyawan. Latar belakang dari penelitian ini adalah bagaimana pelatihan dapat meningkatkan kompetensi kerja karyawan. Pelatihan sangat bermanfaat bagi karyawan, karena dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui gambaran dan signifikansi pengaruh pelatihan terhadap kompetensi karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksplanatori dengan menggunakan metode survei. Sampel yang diambil adalah sebanyak 49 orang dari populasi 95 orang karyawan P.T. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang yang pernah mengikuti pelatihan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan program komputer SPSS 13.00 for Windows . Dari hasil pengolahan data juga dapat disimpulkan bahwa variabel metode pelatihan, materi pelatihan, dan instruktur pelatihan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig t sebesar 0,013dan sig f sebesar 0,000. Dari hasil pengolahan data juga dapat disimpulkan bahwa variabel materi pelatihan, metode pelatihan, sarana pelatihan, dan instruktur pelatihan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi kerja karyawan. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig t sebesar 0,410 dan sig f sebesar 0,000. Dari penelitian dapat diketahui bahwa varibel materi pelatihan yang paling dominan. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,741 dengan nilai t hitung 2,788 dan probabilitas terendah sebesar 0,008. Saran yang dapat diajukan Pihak manajemen harus lebih selektif dan memiliki kriteria-kriteria tertentu dalam memilih instruktur pelatihan. Sarana yang dapat menunjang pelatihan agar lebih diperhatikan dan ditingkatkan lagi dengan memutakhirkan peralatan yang dapat membatu kelancaran kegiatan pelatihan. Perlu ditambahkan materi-materi yang berkatian dengan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/362/050902844
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2009 08:50
Last Modified: 24 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114225
[thumbnail of 050902844.pdf]
Preview
Text
050902844.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item