Analisis Faktor Pembentuk Faktor Individu dan Faktor Lingkungan dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S-1 Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2006 yang Menggunakan SIM C

KartikasariWhardani (2009) Analisis Faktor Pembentuk Faktor Individu dan Faktor Lingkungan dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S-1 Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2006 yang Menggunakan SIM C. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang membentuk faktor individu dan faktor lingkungan, 2) Menguji faktor individu dan faktor lingkungan yang mempengaruhi keputusan pembelian, 3) Menentukan faktor individu dan faktor lingkungan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli SIM Card IM3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory. Adapun bentuk pengamatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah berbentuk survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2006 yang menggunakan kartu Indosat IM3 Fakultas Ilmu Adminitrasi Universitas Brawijaya Malang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga jumlah sampel yang didapat adalah 110 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor eksploratory, analisis regresi berganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor Kelompok Referensi, Faktor Keadaan Ekonomi, Faktor Gaya Hidup, Faktor Budaya Berkomunikasi dan Status, Faktor Psikologis secara bersama-sama berpengaruh signifikan dengan variabel Proses Keputusan Pembelian dengan nilai F hitung sebesar 9,751 dengan tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05). Dari hasil analisis regresi parsial dapat diketahui bahwa variabel Kelompok Referensi, variabel Keadaan Ekonomi, variabel Gaya Hidup, variabel Budaya Berkomunikasi dan Status, variabel Psikologis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian. Besar pengaruh dari masing variabel adalah variabel Kelompok Referensi sebesar 2,823 dengan probabilitas 0,006, variabel Keadaan Ekonomi sebesar 2,382 dengan probabilitas 0,019, variabel Gaya Hidup sebesar 3,081 dengan probabilitas 0,003, variabel Budaya Berkomunikasi dan Status sebesar 2,930 dengan probabilitas 0,004, serta variabel Psikologis sebesar 4,127 dengan probabilitas 0,000. Variabel Psikologis merupakan variabel yang dominan dengan nilai beta 0,334. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Faktor Lingkungan dan Faktor Individu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Adapun variabel-variabel yang membentuk Faktor Lingkungan adalah variabel Kelompok Referensi dan variabel Budaya Berkomunikasi dan Status, sedangkan variabel-variabel yang membentuk Faktor Individu adalah Faktor Keadaan Ekonomi, Faktor Gaya Hidup, Faktor Psikologis. Oleh karena itu disarankan agar PT. Indosat Tbk. terutama untuk produk IM3 harus terus menganalisis hal-hal yang dianggap penting dan menjadi harapan baru serta mengevaluasi kinerja layanannya dengan mengadakan pengembangan-pengembangan atas produk yang ada agar memiliki nilai lebih bagi konsumennya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/358/050902840
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2009 09:40
Last Modified: 24 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114220
[thumbnail of 050902840.pdf]
Preview
Text
050902840.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item