Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Upaya Pengembangan Suberdaya Aparatur Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Negeri Sipil (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)

SyafridaKumala (2009) Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Upaya Pengembangan Suberdaya Aparatur Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Negeri Sipil (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan aparatur merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoretis, konseptual, dan moral aparatur sesuai dengan kebutuhan pekerjaan/jabatan melalui pendidikan dan latihan. Pendidikan meningkatkan keahlian teoretis, konseptual, dan moral karyawan, sedangkan latihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis pelaksanaan pekerjaan aparatur. Atas dasar pengertian di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengembangan aparatur pemerintah, mengukur keberhasilan pengembangan terhadap kinerja aparatur, dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya pengembangan aparatur pemerintah pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan sumber daya aparatur Pemerintah Kota Malang oleh Badan Kepagawaian Daerah Kota Malang dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan analisis kebutuhan pengembangan aparatur untuk selanjutnya menetapkan program pengembangan aparatur. Analisis kebutuhan pengembangan aparatur meliputi identifikasi standar kinerja aparatur, identifikasi kinerja aparatur, dan identifikasi kebutuhan pengembangan aparatur. Atas dasar analisis kebutuhan tersebut kemudian ditetapkan Program Pengembangan Aparatur berupa Pendidikan dan Pelatihan, Ijin Belajar serta Tugas Belajar. Selanjutnya, untuk mengukur keberhasilan pengembangan aparatur itu sendiri dilakukan penilaian kinerja aparatur berdasarkan kualitas pekerjaan, kuantitas pekerjaan, dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas. Lebih lanjut diterangkan adanya faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan aparatur pemerintah pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang. Faktor pendukung meliputi ketentuan-ketentuan normatif, tuntutan lingkungan, dan motivasi kerja pegawai seperti gaji pegawai dan tunjangan, penghargaan, kenaikan pangkat, dan promosi jabatan. Sementara itu faktor penghambat mencakup keterbatasan anggaran dan keterbatasan sarana dan prasarana. Oleh karena betapa pentingnya pengembangan aparatur pemerintah untuk mewujudkan aparatur pemerintah yang professional dan berwibawa, hendaknya Pemerintah Kota Malang melakukan evaluasi terhadap pengembangan aparatur pemerintahnya agar tujuan pengembangan aparatur berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/349/050902760
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2009 09:28
Last Modified: 24 Oct 2021 00:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114210
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
Text
Bab_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
Text
Bab_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
Text
Bab_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
Text
Bab_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FRIDA-cover_1.pdf]
Preview
Text
FRIDA-cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item