Pengaruh Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian" (Survey pada Konsumen Action Figure pada Toko Universal Hobby Malang Town Square (MATOS))

PaperiantoWS (2009) Pengaruh Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian" (Survey pada Konsumen Action Figure pada Toko Universal Hobby Malang Town Square (MATOS)). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era saat ini banyak sekali perusahaan yang berkembang dengan industri yang beraneka ragam. Sebagai contoh perusahaan yang membuat produk miniatur – miniatur tokoh kartun ( anime ) atau yang biasa dikenal dengan Action Figure . Beberapa contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang ini adalah Mattel, Bandai, Banpresto, Takara , dsb. Industri Action Figure sendiri saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat baik secara kualitas maupun kuantitas hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya jenis broduk Action Figure di pasar. Jenis – jenis Action Figure tersebut seperti Model Kits , Trading Figure , Gashapon , Lego , dan Mini Diorama . Dengan semakin banyaknya produk yang ditawarkan di pasar membuat persaingan semakin kompetitif, karena konsumen semakin banyak mempunyai pilihan, mulai dari berbagai merek, kualiatas dan ukuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Peneliatian ini dilakukan terhadap 75 orang konsumen atau pelanggan dari Universal Hobby . Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier bergandan dan analisis kolerasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas dari faktor internal (X) yang meliputi : variabel motivasi (X1), variabel Persepsi (X2), variabel pembelajaran (X3), variabel kepribadian (X4), dan variabel sikap (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu variabel poses keputusan pembelian (Y) secara simultan maupun secara parsial. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan variabel yang paling berpengaruh yaitu variabel motivasi (X1) yang memiliki t paling besar yaitu sebesar 4, 082. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor internal mempengaruhi keputusan pembelian. Untuk itu kualitas produk dan juga aspek lain perlu dipertimbangkan agas keputusan pembelian pelanggan atau kosumen dapat meningkat dan sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan atau konsumen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/346/050902757
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2009 11:25
Last Modified: 24 Oct 2021 00:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114207
[thumbnail of 050902757.pdf]
Preview
Text
050902757.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item