Analisis Faktor Pembentuk Daya Tarik Visual Kemasan dan Pengaruhnya Terhadap Citra Merek (Survai Pada Mahasiswa/i Konsumen Deterjen Merek Rinso).

AnggiRamaPutra (2009) Analisis Faktor Pembentuk Daya Tarik Visual Kemasan dan Pengaruhnya Terhadap Citra Merek (Survai Pada Mahasiswa/i Konsumen Deterjen Merek Rinso). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak sekali usaha dengan jenis produk yang sma berkembang di pasaran, sehingga produsen atau pengusaha sangat perlu untuk membedakan produknya dengan produk sejenis lainnya melalui kemasan yang mempunyai daya tarik visual yang nantinya juga dapat memberikan sebuah kesan atau citra pada merek produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa sajakah yang membentuk daya tarik visual kemasan, menguji faktor tersebut yang mempengaruhi citra merek, dan menentukan faktor manakah yang berpengaruh dominant terhadap citra merek. Penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh hubungan sebab akibat antara dua variabel, dalam hal ini analisis faktor daya tarik visual kemasan dan pengaruhnya terhadap citra merek. Analisa data yang digunakan adalah analisa faktor dan regresi berganda. Analisa faktor ini digunakan untuk mengetahui faktor yang membentuk daya tarik visual kemasan, sedangkan analisis regresi berganda digunakan untuk mengathui pengaruh dari faktor tersebut terhadap citra merek. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, maka dapat terlihat dalam hasil penelitian ini bahwa terdapat enam faktor pembentuk daya tarik visual kemasan, yaitu Faktor Tata Letak, Faktor Merek, Faktor Ilustrasi, Faktor Tipografi, Faktor Ciri Khas, dan Faktor Warna. Faktor Ciri Khas adalah nama faktor baru yang terbentuk setelah rotasi faktor dan menggantikan nama faktor lama yaitu bentuk. Selanjutnya berdasarkan analisis regresi berganda pada penelitian ini juga dapat diketahui bahwa secara simultan variabel tata letak, variabel merek, variabel ilustrasi, varibel tipografi, variabel ciri khas, dan variabel warna mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap citra merek dengan niai F hitung sebesar 17,461 dan tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05). Sedangkan secara parsial, terdapat dua variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek, yaitu variabel Ilustrasi dan variabel warna. Setelah dilakukan analisis data dan diketahui hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah Rinso tidak hanya memperhatikan kualitas produk yang akan dipasarkan melainkan juga memperhatikan bagaimana tampilan kemasan produk yang nantinya dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan kepada konsumen. Selain itu, pertimbangan dalam pemberian kemasan terhadap produk juga harus memperhatikan daya tarik pada kemasan itu sendiri. Hal ini penting karena kemasan langsung berhadapan dengan konsumen dan melalui daya tarik yang menar ik secara visual maka nantinya konsumen akan mempunyai citra tersendiri terhadap Rinso. Oleh karena itu, semua unsur dalam kemasan Rinso tersebut juga harus didesain sedemikian rupa agar Citra Merek yang Rinso dapatkan memang sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/343/050902754
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2009 12:51
Last Modified: 24 Oct 2021 00:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114205
[thumbnail of 050902754.pdf]
Preview
Text
050902754.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item