Penggunaan Konsep Economic Value Added (EVA) dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Astra Internasional Tbk. Dan PT Gudang Garam Tbk.)

MochammadArifBudiman (2009) Penggunaan Konsep Economic Value Added (EVA) dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT Astra Internasional Tbk. Dan PT Gudang Garam Tbk.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan, tingkat kesehatan perusahaan akan membawa dampak dalam pengambilan keputusan, baik oleh pihak kreditur dan pemegang saham maupun oleh pihak intern perusahaan itu sendiri. Penggunaan konsep Economic Value Added (EVA) akan lebih menunjukkan tingkat kinerja keuangan perusahaan karena dalam konsep ini memasukkan biaya modal dalam perhitungannya dimana tingkat biaya modal ditentukan berdasar rata-rata tertimbang dan tingkat biaya hutang setelah pajak dan tingkat biaya modal atas ekuitas, sesuai dengan proporsi hutang dan ekuitas pada struktur modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur EVA yang akan dihasilkan oleh PT Astra Internasional Tbk. dan PT Gudang Garam Tbk. serta perbandingan kinerja keuangan kedua perusahaan ini atau perusahaan mana yang mampu menghasilkan laba yang lebih besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Astra Internasional Tbk. dan PT Gudang Garam tbk mampu menunjukkan EVA positif atau menunjukkan tingkat kesehatan perusahaan yang baik. Dalam penelitian PT Astra Internasional Tbk menghasilkan EVA yang lebih besar, hal ini dipengaruhi dari laba kotor yang dihasilkan lebih besar daripada yang dihasilkan oleh PT Gudang Garam Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/341/050902752
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2009 13:04
Last Modified: 24 Oct 2021 00:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114203
[thumbnail of 050902752.pdf]
Preview
Text
050902752.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item