Akuntabilitas Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik : studi pada Kantor Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo

RahmatHendraAriAtmaja (2009) Akuntabilitas Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik : studi pada Kantor Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap Negara, dalam usahanya mencapai tujuan serta menjawab atau mewujudkan aspirasi masyarakat harus memiliki Good Government (penyelenggaraan pemerintahan yang baik), yang hanya bisa dicapai dengan adanya Good Governance (kepemerintahan yang baik). Dalam Good Governance aparat kecamatan dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan dengan baik kinerjanya kepada Publik. Sesuai dengan Inpres Nomor 7 Tahun 1999 yang menyatakan bahwa “akuntabilitas kinerja adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan”. Kantor Kecamatan Mlarak KabupatenPonorogo, sebagaimana kebanyakan kantor kecamatan lain, juga tidak lepas dari permasalahan mengenai kinerja dalam memberikan pelayanan publik. Pelayanan yang mereka berikan dirasakan masih kurang memuaskan oleh masyarakat. Dalam skripsi ini permasalahan yang dibahas adalah bagaimanakah akuntabilitas kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mlarak dilaksanankan serta faktor–faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan akuntabilitas kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mlarak. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan akuntabilitas kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mlarak, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan akuntabilitas kinerja pegawai dalam memberikan pelayan publik di Kantor Kecamatan Mlarak. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data dan informasi dilakukan dengan cara wawancara menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk memperoleh data yang benar-benar relevan dengan tujuan penelitian. Supaya data yang diperoleh relevan dengan masalah yang dianalisa, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah pertama; Akuntabilitas kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mlarak yang membahas mengenai dasar hukum dalam melakukan Akuntabilitas, pelaksanaan Akuntabilitas, kinerja Pegawai, dan keterkaitan Akuntabilitas dengan Kinerja Pegawai. Kedua; faktor yang mempengaruhi pelaksanaan akuntabilitas kinerja pegawai dalam pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Mlarak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kinerja dari Kantor Kecamatan Mlarak sudah cukup akuntable. Masyarakat secara umum sudah cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Kantor Kecamatan Mlarak. Hanya saja belum adanya ukuran ukuran yang jelas dan tertulis secara formal mengakibatkan hasil kerja kantor kecamatan tidak maksimal. Kualitas individu pegawai Kantor Kecamatan Mlarak juga perlu ditingkatkan untuk mendukung akuntabilitas yang berusaha diterapkan oleh Kantor Kecamatan Mlarak. Dengan ukuran formal yang jelas dan tertulis, di dukung oleh kualitas individu yang kredibel, maka sebuah organisasi akan berfungsi dengan baik dan akuntabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/335/050902597
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2009 09:30
Last Modified: 24 Oct 2021 00:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114196
[thumbnail of 050902597.pdf]
Preview
Text
050902597.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item