Implementasi Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Jangka Pendek (Studi pada perusahaan mebel Sri Rejeki,Nganjuk)

MukrisDihandoko and Dra. Zahroh Z.A., M.Si, and Drs. Dwi Atmanto, M.Si, (2009) Implementasi Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Jangka Pendek (Studi pada perusahaan mebel Sri Rejeki,Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk merebut pangsa pasar yang lebih luas dan menc apai kapasitas produksi yang optimal, maka diperlukan adanya suatu tindakan pengambilan keputusan secara tepat yang dilakukan oleh pihak ma najemen. Keputusan jangka pendek merupakan keputusan yang diambil manajer, di mana hasil dari keputusan tersebut dapat langsung dirasakan pada tahun dimana keputusan tersebut diambil. keputusan jangka pendek ini antara lain misalnya da pat berupa penentuan penerimaan atau penolakan pesanan khusus, memproduk si sendiri atau membeli dan menjual atau memproses lebih lanjut. Perusahaan SRI REJEKI merupakan perusahaan yang ber gerak dalam bidang furniture yaitu perusahaan yang memproduksi berbagai macam p roduk kebutuhan mebel, produk yang diproduksi meliputi meja, bufet, kursi, sofa, almari dan kebutuhan produk mebel lainnya. Pada tahun 2009 perusahaan ingin memanfaatkan kapas itas yang tidak terpakai dengan menerima pesanan khusus, selain itu ini dengan asumsi adanya pesanan khusus jenis produk mebel berupa almari, bu fet, dan kursi dari CV. JATI INTAN. Masing-masing produk ini CV. JATI INTAN mem beri penawaran harga untuk Almari Rp 715.000; Bufet Rp 2.685.000; Kursi per setnya Rp 1.820.000 , dengan rincian untuk Almari hanya setengah jadi sa ja (tanpa di cat/diplitur). Dan untuk harga normal yang ditetapk an perusahaan adalah untuk Almari Rp 795.000 (tanpa di cat/diplitur); Almari j adi Rp 1.250.000; Bufet Rp 2.915.000; Kursi per setnya Rp 2.075.000. Untuk memenuhi pesanan tersebut perusahaan dapat me ngambil alternatif lain, yaitu dengan membeli dari pemasok jika dimung kinkan harga yang ditawarkan lebih rendah dari biaya bila memproduksi sendiri. Perusahaan Sri Rejeki mendapatkan penawaran harga dari pemasok unt uk produk almari dengan harga Rp 675.500; bufet Rp 2.555.000; dan kursi seh arga per setnya Rp 1.790.000 (sudah termasuk ongkos kirim). Dari salah satu pesanan yang diterima perusahaan, u ntuk produk almari hanya diproses setengah jadi saja yaitu tanpa dipli tur. Harga yang ditawarkan untuk produk ini sebesar Rp 715.000, dan bila dipro ses lebih lanjut perusahaan menjual seharga Rp 1.250.000. Dari sini terlihat ba hwa masih dimungkin perusahaan untuk mendapatkan penerimaan laba yang l ebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi terhadap penerapan analisis biaya relevan dalam pengambilan keputusan jangka pendek pada perusahaan mebel Sri Rejeki, Nganjuk, untuk mengeta hui dampak dari setiap alternatif keputusan yang diambil terhadap penerima an laba perusahaan, Serta untuk mengetahui keputusan terbaik yang seharusnya dipilih oleh manajer berdasarkan analisis biaya relevan, dari tujuan ter sebut maka diperlukan evaluasi penerapan analisa biaya relevan dalam rangka pengam bilan keputusan jangka pendek. Penelitian ini adalah penelitian studi kasu s pada perusahaan Sri Rejeki,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/331/050902593
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2009 11:30
Last Modified: 27 Dec 2021 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114192
[thumbnail of 050902593.pdf]
Preview
Text
050902593.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item